Resep Kue jongkong khas palembang Anti Gagal

Derrick Mullins   18/07/2020 10:03

Kue jongkong khas palembang
Kue jongkong khas palembang

Sedang mencari ide resep kue jongkong khas palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue jongkong khas palembang yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kue khas Bangka ini enakķkkk banget. Rasanya mirip bubur sumsum, ditambah dg lapisan hijau yang lumer. Setelah disusun dalam gelas, ada yg langsung.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue jongkong khas palembang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan kue jongkong khas palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue jongkong khas palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kue jongkong khas palembang menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue jongkong khas palembang:
  1. Sediakan gula merah, sisir halus
  2. Ambil Adonan hijau :
  3. Ambil santan (sy 150ml santan instan+air)
  4. Ambil air suji (10 lbr daun suji+air blender lalu saring)
  5. Sediakan tepung beras
  6. Gunakan tepung tapioka/sagu
  7. Gunakan garam
  8. Gunakan gula pasir
  9. Sediakan Adonan putih :
  10. Ambil santan (sy 150 ml santan instan+air)
  11. Siapkan tepung beras
  12. Ambil tepung tapioka/sagu
  13. Sediakan garam
  14. Gunakan gula pasir

Namanya yang unik dan gampang diingat karena seperti proses pembuatan kue yang memang membutuhkan. Kue gandus Palembang satu ini memang sangat spesial. Pasalnya selain rasanya yang enak, kue gandus juga Cara Membuat Kue Gandus Palembang. Memang tangan-tangan kreatif masyarakat Palembang ini kerap menghasilkan Pingback: √ Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Enak.

Cara menyiapkan Kue jongkong khas palembang:
  1. Campur semua bahan hijau, aduk sampai rata n tdk ada yg bergerindil, masak d atas api sedang sambil terus d aduk sampai kental, sisihkan
  2. Campur semua bahan putih, aduk sampai tercampur rata n tdk ada yg bergerindil, masak d atas api sedang sambil terus d aduk sampai kental, sisihkan
  3. Masukkan 1 sdm gula merah, lalu 2 sdm adonan hijau, kemudian 2 sdm adonan putih
  4. Panaskan kukusan, kukus selama 5 mnt atw sampai gula leleh, setelah dingin suhu ruang masukkan kulkas..d nikmati dingin lbh enk 😉

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional. Kue jongkong terkenal di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Sumatra dan Melayu. Selain pempek, Palembang memiliki kue khas yang wajib sekali kamu coba.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue jongkong khas palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved