Resep Kue Jongkong yang Enak Banget

Bernard Rice   20/08/2020 09:38

Kue Jongkong
Kue Jongkong

Sedang mencari ide resep kue jongkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue jongkong yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue jongkong, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue jongkong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue jongkong sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kue Jongkong menggunakan 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Kue Jongkong:
  1. Siapkan Lapisan 1 :
  2. Siapkan gula merah (sisir halus)
  3. Sediakan air
  4. Siapkan Lapisan 2 :
  5. Sediakan air+10lbr daun pandan (blender, saring)
  6. Sediakan santan kental
  7. Siapkan tepung beras
  8. Siapkan tepung sagu
  9. Ambil gula pasir
  10. Siapkan Lapisan 3 :
  11. Ambil santan kental
  12. Ambil santan encer
  13. Siapkan tepung beras
  14. Siapkan tepung sagu
  15. Gunakan garam

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Jongkong:
  1. Masak bahan lapisan 1 sampai mengental dan gula larut. Matikan api. Lalu tuang dalam cup/gelas. Diamkan.
  2. Campur semua bahan lapisan 2. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak bergerindil. Jika sudah mengental. Matikan. Tuang diatas lapisan gula merah tadi.
  3. Sama seperti lapisan 2. Campur semua bahan lapisan 3. Masak dengan api kecil dan aduk terus perlahan sampai mengental. Matikan. Lalu tuang di atas lapisan hijau.
  4. Biarkan uap panas hilang. Lalu dinginkan di lemari es agar set. Dan siap dinikmati 😇

Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue jongkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved