Resep Kuping Gajah, Menggugah Selera

Jonathan Porter   03/07/2020 02:11

Kuping Gajah
Kuping Gajah

Lagi mencari ide resep kuping gajah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kuping gajah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tanaman kuping gajah membutuhkan air untuk menjaga kelembapan media tanah. Yang perlu diingat adalah kamu nggak boleh menyiramnya secara berlebihan. Jika hal tersebut terjadi, air akan menggenang dan menjadi sarana jamur dan bakteri berkemban gbiak.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kuping gajah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kuping gajah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kuping gajah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Kuping Gajah menggunakan 9 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kuping Gajah:
  1. Gunakan 300 gr tepung terigu
  2. Sediakan 65 gr gula halus
  3. Gunakan 1 butir telur
  4. Siapkan 1/2 sdt garam halus
  5. Ambil 2 sdm susu bubuk
  6. Ambil 3 sdm mentega/margarine
  7. Siapkan 1/2 sdt vanili
  8. Gunakan 2 sdm cokelat bubuk
  9. Ambil 40 ml air suhu ruang (sebanyak 2 gelas)

Keduanya berhubungan dengan hal yang sama. Anthurium crystallinum dikenal di depan umum sebagai tanaman telinga gajah. Seperti yang kita ketahui bersama, menanam. Tanaman kuping gajah atau Aunthurium memiliki akar serabut dengan jumlah cukup banyak.

Cara menyiapkan Kuping Gajah:
  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Kocok gula, telur, mentega hingga rata. Lalu masukkan vanili, susu bubuk, tepung terigu, aduk hingga rata lalu bagi dua adonan
  3. Setengah adonan campurkan dengan cokelat bubuk. Lalu uleni sambil beri air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. Lakukan hal yg sama untuk setengah adonan sisanya.
  4. Sebelum menggilas adonan, bagi dua dulu masing-masing adonan. Lalu gilas masing-masing adonan dan tumpuk dengan warna yg berbeda. Untuk membuat aksen warna yg berbeda maka ganti posisi warna saat menumpuk.
  5. Gulung hingga terbentuk seperti ini. Ini contoh dari dua jenis posisi tumpukan yg berbeda. Hasil akhirnya pun akan terlihat berbeda.
  6. Bungkus adonan yg sudah digulung dengan plastik wrap lalu masukkan freezer kurang lebih sekitar 30 menit atau lebih. hal ini untuk memudahkan proses pemotongan adonan
  7. Semakin tipis irisan semakin baik. Tapi untuk membuat lebih tipis bisa juga dengan cara menggilas kembali adonan yg telah di iris-iris.
  8. Kuping gajah siap untuk di goreng. Panaskan minyak terlebih dahulu lalu masukkan satu kuling gajah dulu baru kecilkan api hingga yg paling kecil. Goreng sambil diaduk-aduk agar tidak mudah hangus
  9. Jika sdh dingin, siap disimpan di toples hehe

Sebagian besar akar baik yang tua maupun muda pasti berwarna putih kecokelatan. Karena tergolong akar serabut, maka akar tanaman kuping gajah akan menyebar ke segala arah. Sebutan kuping gajah ini juga digunakan untuk membedakan antara jenis anthurium daun dan anthurium bunga. Daun dari tanaman kuping gajah ini menjadi pesona tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Jadi, tak heran jika tanaman kuping gajah ini banyak ditemukan di pekarangan rumah dimanfaatkan sebagai tanaman hias taman hingga tanaman hias ruangan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kuping Gajah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved