Cara Gampang Menyiapkan Kue Cucur Asli Betawi Anti Gagal

Inez Zimmerman   05/11/2020 04:56

Kue Cucur Asli Betawi
Kue Cucur Asli Betawi

Sedang mencari inspirasi resep kue cucur asli betawi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue cucur asli betawi yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Senang rasanya bisa selalu berbagi dengan kalian, senang pula rasanya kalau teman-teman juga bisa bertambah wawasan di bidang kuliner. Kue cucur (Indonesian) or kuih cucur (Malay), known in Thai as khanom fak bua (ขนมฝักบัว, pronounced [kʰā.nǒm fàk būa̯]) or khanom chuchun (ขนมจู้จุน or จูจุ่น). Kue Kucur atau Kucur (dalam bahasa Indonesia) atau kuih cucur (dalam bahasa Melayu), dan disebut khanom fak bua (ขนมฝักบัว) atau khanom jujun (ขนมจู้จุน or จูจุ่น) dalam bahasa Thailand, adalah kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue cucur asli betawi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kue cucur asli betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue cucur asli betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Cucur Asli Betawi memakai 9 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kue Cucur Asli Betawi:
  1. Siapkan 250 gr tepung beras
  2. Ambil 25 gr tepung terigu (aslinya 125 gr)
  3. Gunakan 50 gr gula pasir
  4. Siapkan 100 gr gula aren (aslinya 250 gr gula jawa)
  5. Gunakan 375 ml air matang (aslinya 275 ml)
  6. Gunakan 1/4 sdt garam
  7. Gunakan 2 lembar daun pandan (tambahan saya)
  8. Sediakan 1/4 sdt vanila bubuk
  9. Ambil Secukupnya minyak untuk menggoreng

Kue tradisional yang satu ini memang masih banyak dicari orang karena rasa dan bentuknya yang khas. Kue cucur yang saat ini terkenal berasal dari Jakarta dan juga sudah tersebar diseluruh pulau di Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang enak Di Jakarta khususnya warga asli dengan suku betawi, kue jujur menjadi salah satu makanan khas. Kue ini biasanya disajikan pada acara-acara.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Cucur Asli Betawi:
  1. Masak air bersama gula dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Kemudian saring, biarkan hingga suhunya hangat.
  2. Dalam wadah, campurkan tepung beras, tepung terigu, garam dan vanila.
  3. Tuang 250 ml air gula ke dalam campuran tepung, aduk dengan tangan. Setelah menggumpal, uleni, sekitar 10 menit.
  4. Tuang sisa air gula, sambil terus diuleni, adonan akan menjadi lebih encer. Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan, selama 15 menit (biar mudah, saya pindahkan ke wadah yang lebih besar). Kemudian diamkan selama 2 jam, tutup dengan lap bersih.
  5. Siapkan wajan cekung, tambahkan secukupnya minyak goreng (saya pakai 200 ml), tunggu minyak benar-benar panas ya, api sedang cenderung kecil. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam minyak panas, siram-siram cucur nya dengan minyak, tunggu hingga matang, setelah mengapung angkat dan tiriskan. (Kalau saya tidak dibalik).
  6. Tata dalam wadah saji, kue cucur siap disajikan 🤗😘.

Kue khas Betawi ini sekarang sudah langka. Kehadiran kue geplak betawi biasanya ada di saat pesta pernikahan di Dodol memang bukan makanan asli Betawi, namun di Jakarta, terkenal dengan salah satu Kue cucur biasanya akan diletakkan berdampingan dengan kue-kue lain maupun gorengan. Kue cucur menjadi salah satu jajanan pasar khas betawi. Makanan yang dihidangkan sebagai Nama cucur berasal dari cara pembuatan kue ini yang dilakukan dengan cara meneteskan adonan ke Makanan khas betawi asli ini punya dua sebutan, yaitu kue ape dan kue tete karena bentuknya. Namun di betawi kue cucur mempunyai peringkat tersendiri dari pada jenis kue lainnya karena termasuk dalam kumpulan kue khas daerah betawi Kue cucur gula merah merupakan resep tradisional asli indonesia yang mempunyai tampilan khas gula merah sehingga warnanya cukup unik.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue cucur asli betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved