Bagaimana Membuat Jongkong khas Bangka Belitung yang Lezat Sekali

Jean Brock   01/08/2020 02:04

Jongkong khas Bangka Belitung
Jongkong khas Bangka Belitung

Lagi mencari ide resep jongkong khas bangka belitung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal jongkong khas bangka belitung yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jongkong khas bangka belitung, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan jongkong khas bangka belitung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan jongkong khas bangka belitung sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Jongkong khas Bangka Belitung memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Jongkong khas Bangka Belitung:
  1. Ambil Bahan A / Lapis 1 (Air Gula)
  2. Ambil gula merah, iris tipis
  3. Siapkan gula pasir
  4. Sediakan air
  5. Ambil Bahan B / Lapis 2 (Sum-Sum Hijau Pandan)
  6. Ambil air + 10 lbr pandan & 4 lbr suji, blender saring ambil air
  7. Gunakan tepung beras
  8. Sediakan tepung sagu / 15 gr
  9. Ambil santan kental
  10. Ambil garam
  11. Ambil gula
  12. Gunakan Bahan C / Lapisan 3 (Bubur Sum-Sum Putih)
  13. Siapkan santan kental
  14. Sediakan air
  15. Siapkan tepung beras
  16. Sediakan tepung sagu
  17. Siapkan garam
  18. Siapkan gula
  19. Sediakan vanili ekstrak (boleh skip)
  20. Sediakan Cup agar untuk wadah
Cara menyiapkan Jongkong khas Bangka Belitung:
  1. Siapkan cup agar-agar sebanyak 20 buah
  2. Masukkan semua bahan A ke dalam panci, masak hingga gula mendidih dan mengental. Angkat dan tuangkan ke dalam cup agar yang sudah disiapkan. Takaran 2 sdm
  3. Masukkan semua bahan B ke dalam wajan, aduk hingga larut. Nyalakan kompor, lalu masak dengan api kecil hingga tekstur menjadi seperti adonan. Kemudian tuang ke dalam wadah yang sudah terisi gula merah tadi sebanyak 3 sdm atau bisa dikira-kira.
  4. Masukkan semua bahan C, aduk hingga rata & tidak bergerindil. Nyalakan kompor, masak dengan api kecil sambik terus diaduk hingga kental & meletup-letup. Angkat dan tuangkan ke dalam cetakan yang sudah diisi adonan hijau tadi. Dinginkan lalu tutup dengan tutup mika.
  5. Ini yah penampakannya. Bisa disimpan di lemari es biar lebih mantep. Selamat mencoba moms

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan jongkong khas bangka belitung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved