Resep Kue Jongkong, Sempurna

Nathaniel Graham   05/12/2020 03:53

Kue Jongkong
Kue Jongkong

Sedang mencari ide resep kue jongkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue jongkong yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue jongkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue jongkong sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Kue Jongkong menggunakan 17 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Kue Jongkong:
  1. Sediakan gula merah (saya pakai gula aren)
  2. Ambil gula pasir (tambahan dari saya)
  3. Gunakan Bahan adonan hijau :
  4. Gunakan santan
  5. Siapkan air suji
  6. Sediakan tepung beras
  7. Siapkan tepung sagu
  8. Siapkan garam
  9. Siapkan gula pasir
  10. Sediakan Bahan adonan putih :
  11. Sediakan santan
  12. Gunakan tepung beras
  13. Siapkan tepung sagu
  14. Gunakan garam
  15. Siapkan gula pasir
  16. Siapkan Bahan lainnya :
  17. Ambil daun pisang / wadah tahan panas

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Langkah-langkah membuat Kue Jongkong:
  1. Siapkan air daun suji, saya blender 10 lembar daun suji dn 2 lembar daun pandan dengan 100 ml air. Siapkan juga takir daun, saya takir daun seperti takir daun khas kue jojorong khas banten.
  2. Adonan hijau : campur semua bahan, aduk rata lalu masak hingga sampai mengental saja.
  3. Adonan putih : campur semua bahan, masak sampai adonan mengental saja.
  4. Siapkan gula merah yang sudah disisir. Beri gula merah dan gula pasir disetiap takir daun, lalu diatas gula beri adonan hijau setinggi 3/4 dari tinggi daun.
  5. Lalu terakhir beri adonan putih hingga penuh, lalu panaskan kukusan, jika air dalam kukusan sudah mendidih, kukus kue selama 10 menit.
  6. Ini kue jongkong jika menggunakan wadah tahan panas.

Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Jongkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved