Cara Gampang Menyiapkan Lapis Betawi/Kue pepe Anti Gagal

Stephen Schneider   10/08/2020 09:08

Lapis Betawi/Kue pepe
Lapis Betawi/Kue pepe

Anda sedang mencari inspirasi resep lapis betawi/kue pepe yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal lapis betawi/kue pepe yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kue lapis is an Indonesian kue, or a traditional snack of steamed colourful layered soft rice flour pudding. Resep Kue Pepe Sagu Kukus Khas Betawi, Jakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Variasi kue pepe ekonomis ini ada bermacam-macam jenis, seperti kue pepe gula merah, kue pepe tepung beras, kue pepe hunkwe, kue pepe terigu, kue lapis ketan, kue lapis penganten, dll.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari lapis betawi/kue pepe, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan lapis betawi/kue pepe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan lapis betawi/kue pepe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Lapis Betawi/Kue pepe menggunakan 6 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Lapis Betawi/Kue pepe:
  1. Ambil 700 .t.sagu
  2. Siapkan 200 .t.terigu
  3. Siapkan 1700 .ml santan sedang kental nya
  4. Sediakan 600 .gr gula putih
  5. Siapkan 5 .lembar daun pandan
  6. Sediakan 2 .pewarna makanan hijau dan merah

Kue Pepe atau kue lapis pepe merupakan kue tradisional khas betawi. Kue ini enak dengan tekstur yang lembut dan cantik mirip seperti kue lapis. Kue pepe biasanya dibuat dengan tepung sagu atau pun tepung kanji. Kue ini nikmat dijadikan cemilan teman santai dengan secangkir teh.

Langkah-langkah membuat Lapis Betawi/Kue pepe:
  1. Ambil 500 Ml santan masak sampai mendidih lalu masukan gula putih aduk aduk sampai cair tambahbkan daun pandan atau jeruk sesuai selera lalu angkat dingin kan
  2. Masak sisa santan tadi yang 1300 ml bersama garam dan daun pandan angkat bila sudah mendidih dingin kan
  3. Dalam baskom campur tepung terigu dan sagu lalu tuangi air gula dan santan aduk rata kalis lalu saring beri warna merah dan hijau sisa ny ada putih juga sedikit buat bagian bawah nya
  4. Lalu kukus dengan dandang yang sudah panas mendidih air ny dengan loyang u 25 x25 cm oles minyak dan lapis plastik kukus warna putih dulu 6:sendok sayur kukus 5 menit tambah lagi sampai 3 kli layer kita masukin yang warna hijau lakukan hal sama seperti layer putih sampai selesai ke warna marah palis atas
  5. Kukus terakhir30 menit sampai tanak matang angkat dingin kan siap di potong sesuai selera
  6. Tutorial Setelah di angkat

Kue lapis beras disebut juga kue pepe di masyarakat Betawi. Orang Malaysia, Singapura, dan Brunei yang juga familiar dengan kue ini menyebutnya "kueh lapis". Bahkan, Moms juga bisa menemukannya di Belanda. Seperti namanya, kue lapis memiliki banyak lapisan dengan minimal dua warna berbeda. Sementara itu, siapkan juga cetakan untuk kue pepe dan beri olesan minyak secukupnya supaya tidak lengket.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat lapis betawi/kue pepe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved