Langkah Mudah untuk Menyiapkan Empal Goreng Empuk yang Enak

Mason Abbott   21/08/2020 16:29

Empal Goreng Empuk
Empal Goreng Empuk

Anda sedang mencari ide resep empal goreng empuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal goreng empuk yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empal goreng empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan empal goreng empuk enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Salah satu menu sederhana yang bisa dibuat dari daging sapi adalah empal goreng yang empuk, Ma. Selain mudah dibuat, empal daging sapi juga pasti disukai oleh seluruh anggota keluarga. Cara Menggoreng Empal Goreng: Pertama panaskan minyak goreng dalam wajan tunggu hingga benar-benar panas.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah empal goreng empuk yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Empal Goreng Empuk menggunakan 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Empal Goreng Empuk:
  1. Sediakan 1/2 kg daging sapi
  2. Siapkan 1 sachet santan kara
  3. Sediakan 3 lembar daun salam
  4. Gunakan 2 batang serai geprek
  5. Ambil 1 ruas lengkuas geprek
  6. Gunakan Secukupnya garam
  7. Ambil Secukupnya gula pasir
  8. Sediakan Secukupnya gula merah
  9. Siapkan 1 sdk makan air asam jawa
  10. Gunakan Bumbu halus :
  11. Siapkan 7 siung bawang merah
  12. Gunakan 5 siung bawang putih
  13. Siapkan 3 butir kemiri sangrai
  14. Gunakan 1 sdk teh ketumbar
  15. Sediakan Secukupnya merica

Setelah itu angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng. Resep Empal Daging Dengan Bumbu Serundeng. Biasanya empal gepuk dibuat dengan daging sapi, yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Rebus daging sampai empuk, lalu potong-potong, gepuk sampai agak pipih.

Langkah-langkah membuat Empal Goreng Empuk:
  1. Cuci bersih daging lalu rebus sampai setengah empuk. Kalo saya biasanya direbus sampai empuk. Lalu iris sesuai serat daging dan geprek daging sampai pipih.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan serai. Lalu masukkan santan dan aduk sampai rata. Masukkan air asam jawa dan sedikit air kaldu rebusan daging lalu masukan daging yang telah di iris. Masak kembali sampai daging benar-benar empuk dan bumbu meresap.
  3. Setelah daging empuk matikan api lalu angkat daging. Setelah itu goreng daging di minyak panas. Saat menggoreng tidak perlu terlalu lama agar daging tidak keras.
  4. Daging yang tidak digoreng bisa dimasukan ke wadah kedap udara lalu disimpan di freezer.

Untuk empal yang empuk, disarankan kamu memakai bagian sapi Has Luar ataupun Has Dalam. Sajikan empal gepuk yang telah digoreng dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng, lalapan dan sambal. Masukkan lagi daging ke dalam air rebusan. Tekstur empuk tersebut didapatkan karena proses perebusan serta penumbukan pada dagingnya. Sajikan empal gepuk tersebut bersama dengan taburan bawang goreng yang renyah di atasnya. cara membuat resep empal / daging sapi goreng yang empuk dan gurih.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat empal goreng empuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved