Cara Gampang Membuat Kue Jongkong Khas Bangka, Enak Banget

Elizabeth Figueroa   16/12/2020 23:08

Kue Jongkong Khas Bangka
Kue Jongkong Khas Bangka

Sedang mencari ide resep kue jongkong khas bangka yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue jongkong khas bangka yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong khas bangka, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue jongkong khas bangka yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah kue jongkong khas bangka yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kue Jongkong Khas Bangka menggunakan 16 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kue Jongkong Khas Bangka:
  1. Siapkan Bahan Larutan Gula Merah:
  2. Sediakan Gula Merah
  3. Sediakan Air
  4. Sediakan Bahan Lapisan Hijau :
  5. Gunakan Air Larutan Pandan
  6. Sediakan Santan Kelapa
  7. Ambil Tepung Beras
  8. Siapkan Tepung Tapioka
  9. Gunakan Gula Pasir
  10. Gunakan Garam
  11. Ambil Bahan Lapisan Putih :
  12. Ambil Santan Kelapa
  13. Siapkan Tepung Beras
  14. Sediakan Tepung Tapioka
  15. Gunakan Gula Pasir
  16. Siapkan Garam
Cara menyiapkan Kue Jongkong Khas Bangka:
  1. Gula merah dimasak dengan api kecil dan dimasak sampai mendidih.
  2. Setelah gula merah sudah di masak, sekarang kita akan memasak lapisan hijau. Semua bahan-bahan lapisan hijau dicampur semua menjadi satu dan dimasak dengan api kecil, bahan-bahan lapisan hijau dimasak sampai mengental dan meletup-meletup (ohh yaa guys harus di aduk-aduk terus ya sampai meletup-meletup).
  3. Setelah lapisan hijau sudah dimasak, maka sekarang kita akan memasak lapisan putih.. semua bahan-bahan lapisan putih dicampur semua lalu dimasak dengan api kecil dan dimasak sampai meletup-meletup sama persis seperti langkah membuat lapisan hijau…(ohh yaa guys jgn lupa yaa harus diaduk-aduk terus sampai meletup-meletup)
  4. Setelah langkah diatas sudah selesai, maka sudah siap dimasukan ke gelas-gelas yaa guys, masukkan gula merah terlebih dahulu, lalu adonan hijau dan yg trakhir adonan putih😊😊 Selamat Mencoba

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue jongkong khas bangka yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved