Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kuping gajah tipis, manis dan renyah Anti Gagal

Mark Caldwell   18/07/2020 07:45

Kuping gajah tipis, manis dan renyah
Kuping gajah tipis, manis dan renyah

Lagi mencari ide resep kuping gajah tipis, manis dan renyah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kuping gajah tipis, manis dan renyah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Kuping gajah tipis, manis dan renyah. Kesukaan pelangganku.best seller nya nih 😁😁 menjelang lebaran kemarin sampe agak kewalahan. Mumpung udah ada pesanan lagi aku sempatkan ngefotoin.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kuping gajah tipis, manis dan renyah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kuping gajah tipis, manis dan renyah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kuping gajah tipis, manis dan renyah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kuping gajah tipis, manis dan renyah memakai 15 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Kuping gajah tipis, manis dan renyah:
  1. Gunakan Bahan A :
  2. Sediakan 600 gr terigu protein rendah
  3. Sediakan 100 gr tapioka
  4. Sediakan 200 gr gula pasir, blender
  5. Sediakan 2 butir telur
  6. Sediakan 4 sdm margarin, cairkan
  7. Gunakan 2 sdm korsvet cair
  8. Sediakan 1 sdt garam
  9. Sediakan 100 cc santan instan
  10. Ambil Bahan B :
  11. Siapkan 1/2 sdt vanila bubuk
  12. Sediakan Setetes pewarna kuning telur, boleh skip
  13. Gunakan 2 sdm cokelat bubuk
  14. Gunakan Terigu untuk taburan
  15. Sediakan 1/2 ltr minyak goreng

Karena berkembanganya jaman, saat ini banyak sekali varian rasa dari kuping gajah seperti; coklat, vanilla, bahkan juga moca. Resep cara membuat kuping gajah, salah satu kue kering tradisional yang populer. Memiliki rasa renyah dan manis yang mudah disukai siapa saja. Sayangnya saat ini jajanan tersebut sangat langka, hampir tidak ada yang jual.

Cara menyiapkan Kuping gajah tipis, manis dan renyah:
  1. Bagi 2 semua bahan A, ini agar mudah mencampur cokelat bubuk. Untuk bagian cokelat penggunaan terigu dikurangi 4-5 sdm. Masing2 bagian : terlebih dulu ayak terigu dan tapioka…1 bagian ditambah cokelat bubuk. Sisihkan
  2. Masing2 bagian : kocok telur, gula pasir (gula aku blender agar cepat larut saat dikocok) dan garam, untuk bagian kuning ditambah vanila bubuk dan pewarna kuning telur. Tuang margarin dan korsvet cair, kocok kembali sampe tercampur rata
  3. Masukkan campuran terigu dan tapioka. Campur rata, tuang santan sedikit demi sedikit…uleni sampai kalis
  4. Bagi menjadi beberapa bagian kecil masing2 adonan, antara kuning dan cokelat sama banyak. Tipiskan dengan alat pembuat pasta secara bertahap (aku sampe di ketebalan nmr 6)
  5. Tumpuk lembaran adonan, kuning bawah dan cokelat atas (boleh dibalik, sesuai selera sj). Agar melekat lebih kuat dua lapis lembaran ini masukkan dalam mesin pasta pake nmr 1. Gulung lembaran di sisi lebar (seperti gambar kanan bawah). Lakukan sampai semua adonan habis
  6. Taruh gulungan adonan dalam wadah lalu tutup memakai plastic wrap (bisa pake plastik kiloan biasa, asal tutup dengan rapat) lalu simpan dalam frizer slm 1 jam. Ma'af nggak ada foto…lupa! 😅. Kalo mau digoreng besuk harinya taruh di kulkas bagian bawah sj, bisa 2-3 hari. Soalnya kalo kelamaan luarnya jd keras, nanti saat ditipiskan malah pecah2 jadi kurang syantik kuenya!!
  7. Keluarkan gulungan adonan dari frizer. Iris2 melintang…tipis kira2 2-3 mm, taburi dengan terigu biar tidak saling melekat. Tipiskan lagi irisan adonan memakai mesin pasta secara bertahap dari 1 sampai 6
  8. Jika semua sudah selesai ditipiskan, siapkan penggorengan. Panaskan minyak dengan panas sedang…kalo minyak terlalu panas nanti cepat gosong. Goreng kuping gajah sampai bagian kuning terlihat agak sedikit kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Tips menggoreng : sebaiknya saat memasukkan kuping gajah secukupnya saja dan bolak-balik perlahan saja bund…kue ini agak rapuh. Selamat mencoba…

Lihat juga resep Kuping Gajah empuk dan renyah enak lainnya. Cara membuat kue kuping gajah umumnya begitu sederhana dan praktis. Selain itu alat dan bahan yang digunakan pun benar-benar mudah dijumpai. Sehingga tidak ada alasan untuk bunda ataupun sista tidak ingin mencobanya di rumah :). Tak perlu lama, yuk kita siapkan bahan-bahan untuk membuatnya :) Resep Kue Kuping Gajah yang Empuk, Renyah dan Gurih Camilan renyah dengan tampilan menarik ini memang tidak pernah mengecewakan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kuping gajah tipis, manis dan renyah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved