Resep Lapis santan / kue pepe santan Anti Gagal

Olive Daniel   11/10/2020 12:59

Lapis santan / kue pepe santan
Lapis santan / kue pepe santan

Anda sedang mencari inspirasi resep lapis santan / kue pepe santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lapis santan / kue pepe santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lapis santan / kue pepe santan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan lapis santan / kue pepe santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Kue pepe' atau kue Lapis adalah kue yang terbuat dari sagu yang diadonin dengan santan dan gula pasir. Santan dan garam dimasak sampai mendidih. Selanjutnya dimasukkan ke adonan labu kuning.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah lapis santan / kue pepe santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Lapis santan / kue pepe santan memakai 9 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Lapis santan / kue pepe santan:
  1. Ambil 1750 santan kental
  2. Sediakan 450 gr sagu
  3. Gunakan 225 gr terigu
  4. Sediakan 500 gr gula
  5. Siapkan 1 sdm garam
  6. Sediakan 1 sdt pemutih
  7. Siapkan Pewarna (rainbow) saya pakai golden brown
  8. Ambil 5 lembar daun pandan
  9. Ambil 5 lembar daun jeruk

Langkah Membuat Kue Pepe (Lapis Sagu) Kenyal Legit. Silahkan anda siapkan panci lalu panaskan. Siram campuran tepung dengan santan yang sudah dipanaskan tadi lalu aduk kembali dengan mengguanakan whisk supaya lebih praktis. Kue lapis khas Betawi ini tak pernah ditinggalkan penggemarnya.

Cara menyiapkan Lapis santan / kue pepe santan:
  1. Oles loyang dengan minyak, sisihkan
  2. Masak santan bersama gula, garam, daun pandan dan daun jeruk, sampai mendidih, saring, sisihkan tunggu sampai suhu ruang, hangat
  3. Setelah santan hangat, masukan sagu dan terigu, saya pakai chooper, setelah ter aduk rata, saring kembali
  4. Bagi santan putih sebanyak 1100ml, dan yang berwarna masing masing 220ml
  5. Selagi memberi warna od adonan, saya mulai menyalakan kompor, agar kukusan panas, mulai lapisan pertama warna merah, lapisan pertama 110ml, kukus selama 5mnt, selang warna putih sebanyak 110ml, lanjut sisa adonan warna merah 110ml, lanjutkan sampai adonan habis, masing masing warna dibuat 2lapis ya… Sebanyak 110ml, dan selama 5menit dengan urutan warna : merah,oren,kuning,hijau,biru dan terakhir ungu.dan diakhir lapisan kukus sslama 30mnt
  6. Setelah 30menit, matikan kompor, tunggu dingin, benar benar dingin, balikan, jd posisi warna ungu di bawah, bila sudah dingin, kue baru bisa diiris, lapisi pisau dengan plastik
  7. Pertama potong bagi 3 dulu, baru iris kecil kecil
  8. 1loyang ukuran 22 bisa mendapatkan kurang lebih 45potong
  9. Packing akhir gunakan plastik klip ukuran 10x10

Teksturnya yang lembut kenyal dan berlapis-lapis dengan aroma santan yang gurih membuatnya selalu memikat. Kali ini dibuat lebih sederhana, yaitu dalam mangkuk-mangkuk kecil. Rebus santan, daun pandan, daun jeruk, dan garam hingga mendidih. Di dalam wadah, campur tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan garam. Kue maksuba dibuat secara berlapis-lapis sehingga setelah selesai hasil kuenya berlapis-lapis mirip seperti pengerjaan kue lapis #Indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Lapis santan / kue pepe santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved