Resep Jongkong khas Bangka yang Enak Banget

Alan Gregory   23/10/2020 07:00

Jongkong khas Bangka
Jongkong khas Bangka

Sedang mencari inspirasi resep jongkong khas bangka yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal jongkong khas bangka yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kue khas Bangka ini enakķkkk banget. Rasanya mirip bubur sumsum, ditambah dg lapisan hijau yang lumer. Setelah disusun dalam gelas. #kuejongkong #jongkong #kuetradisional Hai semua.ketemu lagi di channel youtube atha naufal. di video ini mama atha buat kue tradisional KUE JONGKONG.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jongkong khas bangka, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan jongkong khas bangka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan jongkong khas bangka sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Jongkong khas Bangka memakai 20 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Jongkong khas Bangka:
  1. Ambil Bahan A :
  2. Siapkan gula merah ukuran kecil, sisir
  3. Ambil gula pasir
  4. Ambil air
  5. Gunakan Bahan B :
  6. Ambil air pandan (600 ml air ditambah 10 lbr daun pandan)
  7. Ambil tepung beras
  8. Ambil tepung sagu/tapioka
  9. Ambil santan kental
  10. Ambil garam
  11. Sediakan gula pasir
  12. Siapkan Bahan C :
  13. Gunakan santan kental
  14. Ambil air
  15. Siapkan tepung beras
  16. Gunakan tepung sagu/tapioka
  17. Sediakan garam
  18. Siapkan gula pasir
  19. Gunakan Pelengkap :
  20. Ambil gelas plastik/mika/ aluminium voil cup

Resep Kue Jongkong Khas Bangka asli yang sebenarnya, tanpa mixer cuma diaduk, paling enak dan lezat. Kue jongkong ? tidak selalu harus hijau dibawah, ujar Jennie @jenniefoe pada akun instagramnya. Kue jongkong khas bangka hanya diaduk tanpa mixer cocok untuk buka puasa. Resep Kue Jongkong Khas Bangka yang Enak Banget Mirip Bubur Sumsum.

Cara membuat Jongkong khas Bangka:
  1. Siapkan cup/mika/aluminium voil cup. lalu masak bahan A hingga larut semua, tunggu hangat, lalu saring, dan masukkan ke dalam cup, bagi rata.
  2. Blender daun pandan bersama air, lalu saring. Satukan bahan B ke dalam panci, masak di api kecil, aduk rata hingga mendidih. Lalu, tuang dan bagi rata ke dalam setiap cup yg sdh berisi cairan gula.
  3. Masak semua bahan C dalam panci yg berbeda, masak dengan api kecil hingga mendidih, angkat dan tuang kembali ke dalam cup yg telah berisi adonan hijau secara merata. Jongkong siap dinikmati langsung atau bs juga disimpan di lemari es terlebih dahulu.

Danb salah satu makanan khas Bangka belitung adalah kue jongkong. Kue jongkong ini merupakan makanan enak yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Kue Jongkong Khas Bangka Hanya Diaduk Tanpa Mixer Cocok Untuk Buka Puasa. Lihat juga resep Mie Belitong (Bangka Belitung) enak lainnya. Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Jongkong khas Bangka yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved