Resep Sambal Teri Terasi Tomat🍅 Anti Gagal

Alejandro Erickson   19/08/2020 22:38

Sambal Teri Terasi Tomat🍅
Sambal Teri Terasi Tomat🍅

Lagi mencari ide resep sambal teri terasi tomat🍅 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal teri terasi tomat🍅 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal teri terasi tomat🍅, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal teri terasi tomat🍅 enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Sambal teri juga termasuk masakan yang sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahan untuk membuat sambal satu ini pun sangat mudah didapat. Penasaran bagaimana untuk membuat sambal teri?

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal teri terasi tomat🍅 sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Teri Terasi Tomat🍅 memakai 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal Teri Terasi Tomat🍅:
  1. Ambil 10 cabe rawit merah (saya 15)
  2. Sediakan 15 cabe merah keriting (saya skip)
  3. Siapkan 1 siung bawang merah (saya pakai 3)
  4. Siapkan 1 siung bawang putih (saya pakai 2)
  5. Siapkan 2 buah tomat matang ukuran besar
  6. Siapkan 1 bungkus terasi kecil
  7. Siapkan 1/2 sdt garam halus
  8. Gunakan 1/2 sdt gula merah (saya 1/2 sdm gula merah)
  9. Ambil 50 gram teri medan (resep asli tidak pakai)
  10. Ambil minyak goreng

Sambal terasi (or sambal belacan) is Indonesian chili sauce made from a mix of chilies, shallots, garlic, tomato, palm sugar, and most importantly, terasi. Terasi/belacan/shrimp paste is a block of fermented tiny shrimps (we call this rebon in Indonesian) with dark chocolate color and quite naturally, very sticky and pungent. Bikin sambal tomat terasi buat pendamping nasi hangat dan telur dadar bakso nya. Baru kali ini bikin sambal direbus dulu baru di goreng dan ternyata seenak ini, pak suami langsung bilang enak bngt tumben beda kaya biasanya (ini resep baru, aku nyontek resep di CP punya bu aini), dgn reflek pak s.

Cara membuat Sambal Teri Terasi Tomat🍅:
  1. Cuci bersih semua bahan. Tomat dibelah jadi 4, kemudian goreng semua bahan sampai matang.
  2. Setelah matang, haluskan semua bahan, kemudian goreng kembali dengan sedikit minyak.
  3. Ketika sambal sudah mulai meletup-letup masukan 50 gram teri medan. Masak sampai sambalnya kadar air berkurang.
  4. Sambal teri terasi tomat sudah matang, rasanya maknyus😋 pedasnya.

Nah, sambal ini sendiri merupakan salah satu unsur hidangan khas Indonesia. Banyak sekali jenis sambal dan memiliki perbedaan di setiap daerah Nusantara seperti sambal mata, bawang, terasi, bajak, tomat, dan lain sebagainya. Kali ini Diadona akan mengulas resep mudah cara membuat sambal tomat mentah dengan teri, terasi, dan bawang yang enak. Beragam sambal bisa Anda temukan di Indonesia, seperti sambal terasi, sambal teri, sambal kering, sambal kecap, dan yang paling terkenal adalah sambal tomat. Sambal tomat juga dikenal sebagai salah satu sambal yang mudah untuk diolah dan rasanya yang segar, pedas dan nikmat, akan menambah nafsu makan Anda semakin berselera.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Teri Terasi Tomat🍅 yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved