Langkah Mudah untuk Menyiapkan Empal Goreng Gepuk yang Bikin Ngiler

Hilda Lewis   08/07/2020 07:01

Empal Goreng Gepuk
Empal Goreng Gepuk

Anda sedang mencari ide resep empal goreng gepuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal goreng gepuk yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal goreng gepuk, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan empal goreng gepuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan empal goreng gepuk sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Empal Goreng Gepuk memakai 14 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Empal Goreng Gepuk:
  1. Siapkan 500 gram daging sapi
  2. Ambil 500 ml air
  3. Siapkan 1 bungkus santan kara
  4. Siapkan 3 batang sereh (memarkan)
  5. Gunakan 4 lembar daun salam
  6. Siapkan Secukupnya garam
  7. Ambil Secukupnya gula merah
  8. Siapkan Bumbu halus :
  9. Siapkan 7 siung bawang putih
  10. Gunakan 10 butir bawang merah
  11. Gunakan 3 butir kemiri sangrai
  12. Siapkan 1 sendok teh ketumbar
  13. Sediakan 2 cm kunyit
  14. Sediakan 5 cm lengkuas muda
Langkah-langkah menyiapkan Empal Goreng Gepuk:
  1. Cuci dan potong daging berlawanan dengan seratnya. Panaskan air hingga mendidih masukan daging, rebus hingga busa/ampas2 kotor keluar. Buang air rebusan pertama daging.
  2. Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi. Masukan daging yg sudah direbus. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan air 500 ml, santan kara, garam, gula merah, salam, sereh. Koreksi rasa, masak hingga air menyusut dan daging empuk.
  4. Ambil daging yg sudah matang, pukul (gepuk) dengan ulekan, goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Empal goreng gepuk siap dinikmati.
  5. Note : - Daging yg sudah matang bisa disimpan di freezer. Bisa digoreng kapan saja.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan empal goreng gepuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved