Resep Kue Jongkong Khas Bangka yang Enak

Christina Wade   07/08/2020 21:53

Kue Jongkong Khas Bangka
Kue Jongkong Khas Bangka

Sedang mencari inspirasi resep kue jongkong khas bangka yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue jongkong khas bangka yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong khas bangka, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kue jongkong khas bangka enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue jongkong khas bangka yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Jongkong Khas Bangka memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Jongkong Khas Bangka:
  1. Sediakan Lapisan 1 gula merah:
  2. Sediakan 250 gr gula merah = 5keping kecil
  3. Sediakan 80 ml air putih = 12sdm air
  4. Gunakan Lapisan 2 pandan:
  5. Gunakan 400 ml santan = 65sdm
  6. Sediakan 400 ml jus pandan (10lembar daun pandan diblender,ambil airnya)
  7. Sediakan 8 sdm tepung beras
  8. Siapkan 1 1/2 sdm tepung tapioka
  9. Siapkan 1 sdt garam
  10. Gunakan 2 1/2 sdm gula pasir
  11. Ambil Lapisan 3 putih:
  12. Sediakan 750 ml santan = 3gelas belimbing
  13. Gunakan 7 1/2 sdm tepung beras
  14. Gunakan 2 1/2 sdm tepung tapioka
  15. Sediakan 1 1/2 sdt garam
  16. Siapkan 2 sdm gula pasir
  17. Siapkan 1 lembar daun pandan (simpulkan)
Langkah-langkah membuat Kue Jongkong Khas Bangka:
  1. Membuat lapisan 1 gula merah: gula merahnya disisir dlu agar lebih cpt larut. Lalu tuang ke dalam panci gula merah dan airnya. Masak hingga gula merah larut dan mendidih,sambil terus diaduk agar tidak gosong. Gunakan api kecil saja. Setelah mendidih,mengental dan berbusa,matikan kompor. Lalu tuang lapisan gula merah ke dalam cup plastik kue jongkong/puding (saya gunakan cup kecil,dpt 18cup) tuang secukupnya saja.
  2. Lapisan 2 pandan: masukkan tepung beras,gula,garam,tapioka ke dalam panci. Lalu masukkan santannya,aduk rata dulu hingga tidak ada yg menggerindil. Lalu masukkan air pandannya,aduk rata jika dirasa warnanya kurang hijau bisa tambahkan pasta pandan secukupnya.Lalu nyalakan kompor,masak diatas api kecil hingga mendidih,dan mengental licin. Sambil diaduk terus ya biar tidak gosong.Stlh mengental aduk smpe licin agar tidak ada yg menggerindil. Matikan kompor,tuang ke atas lapisan gula merah
  3. Lapisan 3 putih: masukkan tepung beras,tapioka,garam,gula dan daun pandan ke dalam panci. Lalu masukkan santannya,aduk rata hingga tidak ada adonan yg menggerindil. Lalu dimasak diatas api kecil hingga mendidih dan mengental sambil terus diaduk dgn whisk agar tidak gosong. Setelah mengental aduk aduk hingga terlihat licin tidak ada yg menggerindil. Lalu matikan kompor dan tuang diatas lapisan pandan tadi.
  4. Kue jongkong khas bangka siap disajikan,tidak perlu dikukus ya,bisa langsung dimakan. Ini caranya sngat simple dan rasanya sgt enak 😊😊😊
  5. Dimakan dingin (simpan dlm lemari es) lebih enak

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kue Jongkong Khas Bangka yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved