Resep Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang) Anti Gagal

Hattie Jackson   17/07/2020 08:22

Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang)
Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang)

Sedang mencari inspirasi resep samba lado tanak telur puyuh dan teri (kuliner minang) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal samba lado tanak telur puyuh dan teri (kuliner minang) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kuliner dari ranah Minang memiliki kekhasan dari bahannya yang kaya rempah serta citarasa yang cenderung pedas. Tak heran mengapa Sumatera Barat pun memiliki sambal andalan seperti Samba lado tanak. Nah, bagi kamu yang memang menggilai masakan Minang, harus banget nih tahu info menarik seputar kuliner klasik yang satu ini.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari samba lado tanak telur puyuh dan teri (kuliner minang), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan samba lado tanak telur puyuh dan teri (kuliner minang) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan samba lado tanak telur puyuh dan teri (kuliner minang) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang) memakai 14 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang):
  1. Ambil 15 butir telur puyuh
  2. Sediakan 100 gram teri belah
  3. Gunakan 500 mL santan kental pekat (perasan pertama)
  4. Gunakan 500 mL santan kental sedang (perasan kedua)
  5. Ambil Secukupnya daun salam
  6. Siapkan Secukupnya daun jeruk
  7. Gunakan 1 sereh geprek diikat simpul
  8. Ambil Secukupnya garam dan penyedap rasa (aku: kaldu jamur totole)
  9. Gunakan Bahan dihaluskan:
  10. Ambil 5 siung bawang merah
  11. Sediakan 3 siung bawang putih
  12. Sediakan 2 cm jahe dan lengkuas
  13. Sediakan 50 gram cabe merah (aku: cabe setan)
  14. Ambil 2 sdm minyak sayur

Seperti telur ayam dan telur puyuh. Atau mungkin kamu mau mencoba menggunakan bahan lain sesuai selera. Yang jelas bumbu dan cara masaknya kurang lebih sama ya. Baca juga: * Resep Sayur Rebung Santan Sederhana, Enak dan Gurih!

Langkah-langkah menyiapkan Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang):
  1. Rebus telur puyuh, kupas kulitnya, lalu cuci dan bersihkan dari sisa kulit yang masih menempel.
  2. Rendam teri belah dalam air panas selama kurleb 10 menit untuk mengurangi bau amis ikan asin dan mempersingkat waktu memasak.
  3. Blender sampai halus bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan cabe dengan minyak sayur.
  4. Nyalakan kompor. Panaskan kuali. Masukkan bahan yang telah diblender (tidak perlu menambahkan minyak lagi karena bahan sudah memakai minyak). Masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh geprek yang diikat simpul. Tumis sampai harum.
  5. Masukkan seluruhnya santan yang kekentalannya sedang. Masukkan telur puyuh. Tujuan telur puyuh ditambahkan di awal agar bumbu bisa meresap sampai ke dalam telur. Aduk-aduk terus.
  6. Setelah santan agak menyusut dan kira-kira bumbu sudah masuk ke dalam telur, masukkan seluruhnya santan kental. Aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan secukupnya garam dan penyedap rasa.
  7. Setelah santan menyusut dan mulai mengental, masukkan teri belah. Teri belah harus dimasukkan terakhir agar teri tidak hancur. Karena di awal tadi, teri sudah direndam air panas jadi otomatis sudah setengah matang. Aduk terus sampai santan menyusut dan sudah mulai tampak berminyak (tanak).
  8. Setelah keluar minyak dari santan tersebut, koreksi rasa. Jika sudah dirasa cocok, angkat dan sajikan. Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang)

Samba lado Tanak, masakan yang sangat familiar bagi orang Minang Sumatera Barat. Halo Guys, terimakasih sudah menyempatkan diri mampir disini. Silahkan ditonton dan dipraktekkan di rumah, atau kalau mau berbagi tips lainnya bisa komen dibawah. BIZ - Kali ini ada sedikit resep samba lado tanak sambal khas minang yang sangat ciamik dan nikmat dan pastinya mengoyang lidah anda jika sudah mencicipi betapa nikmatnya sambal khas minang yang satu ini. Bagi anda pecinta masakan pedas, samba lado tanak ini wajib anda coba dan anda nikmati.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved