Resep Sambal Jahe Teri Beras, Menggugah Selera

Edward Reed   04/11/2020 18:02

Sambal Jahe Teri Beras
Sambal Jahe Teri Beras

Sedang mencari ide resep sambal jahe teri beras yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal jahe teri beras yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal jahe teri beras, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal jahe teri beras yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Sambal teri bisa jadi pilihan untuk pendamping lauk dan nasi hangat. Bahkan, meski hanya disandingkan dengan tahu, tempe, atau telur dadar sudah enak, lho. Yuk, buat sambal teri yang gurih dan mantap rasanya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal jahe teri beras yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Jahe Teri Beras menggunakan 14 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal Jahe Teri Beras:
  1. Gunakan 5 buah cabe rawit
  2. Gunakan 6 cabe merah besar
  3. Ambil 3 buah cabe merah kering(buang bijinya,rendam air panas)
  4. Siapkan 5 siung bawang putih
  5. Ambil 8 butir bawang merah
  6. Gunakan 1 batang sereh(memarkan)
  7. Siapkan 1 buah tomat merah(buang bijinya)
  8. Ambil 2 lembar daun salam
  9. Sediakan 1 ruas jahe segar(parut halus)
  10. Siapkan 1 sdt terasi bakar/ 1 sachet kecil terasi
  11. Siapkan 1/4 sdt garam
  12. Sediakan 1 sdt gula merah(bisa + jika kurang)
  13. Sediakan 1 genggam teri beras
  14. Gunakan Minyak goreng untuk menumis

Haluskan semua bahan ini kecuali jahe. Sambal goreng ati puyuh ikan teri. foto: cookpad. Masukkan beras hitam dan kapulaga ke dalam panci. Sekarang sambal terasi siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk yang sudah kamu siapkan.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Jahe Teri Beras:
  1. Siapkan semua bahan sambal juga parut halus jahe,sisihkan
  2. Siapkan pan,goreng teri beras hingga kuning keemasan,angkat,tiriskan
  3. Siapkan dan potong2 bahan sambal,tumis hingga setengah layu,angkat,lalu bahan sambal, parutan jahe, dihaluskan dengan blender atau cobekan,sisihkan Sambal Jahe Teri Beras1. Panaskan minyak sayur, tumis bahan sambal yang dihaluskan tadi,bubuhi garam,gula merah,koreksi rasa,jika sudah mulai berminyak dan rasa sudah sesuai selera,masukkan teri beras yang sudah digoreng tadi,aduk sebentar,angkat dan Sajikan Sambal Jahe Teri Beras dengan pelengkap yang lain Sambal Jahe Teri BerasSambal Jahe Teri Beras

Resep Praktis Cara Membuat Sambal Petai Ikan Teri. Hari libur saatnya menghadirkan kreasi lezat di meja makan Anda. Sambal petai ikan teri bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Selain mudah dibuat, sambal ini juga memiliki rasa khas yang sangat spesial. Masakan sambal dari medan yang satu ini cukup praktis dan awet.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal jahe teri beras yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved