Resep Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung) yang Sempurna

Tommy Cain   19/08/2020 18:41

Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung)
Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung)

Sedang mencari inspirasi resep pecel lele komplit (lele goreng, sambel & cah kangkung) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pecel lele komplit (lele goreng, sambel & cah kangkung) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pecel lele komplit (lele goreng, sambel & cah kangkung), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan pecel lele komplit (lele goreng, sambel & cah kangkung) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Cara membuat sambal pecel lele; Haluskan atau uleg semua bahan sambal, kemudian letakkan pada wadah kecil yang telah disediakan. hidangkan ikan lele goreng saat masih panas dengan sambal lele dan lalapan ( kol, daun kemangi, dan irisan mentimun. Demikian petunjuk singkat cara membuat masakan pecel lele komplit. Untuk sambal yang digunakan dalam Resep Pecel Lele ini saya menggunakan sambal lamongan yang khas dengan rasa pedas manis segar gurih yang membuat siapa saja ingin makan lagi dan lagi.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pecel lele komplit (lele goreng, sambel & cah kangkung) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung) menggunakan 28 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung):
  1. Gunakan Bahan a (lele goreng):
  2. Gunakan 5 ekor ikan lele
  3. Ambil 1 buah jeruk nipis
  4. Ambil 1 sdm tepung beras
  5. Ambil 1 sdm tepung bumbu instan
  6. Ambil 1 sdt garam
  7. Siapkan Bumbu halus:
  8. Ambil 3 siung bawang putih
  9. Gunakan 1 ruas jahe
  10. Siapkan 1 ruas kunyit
  11. Sediakan 1 sdt ketumbar
  12. Ambil 1 butir kemiri
  13. Gunakan Bahan b (sambel pecel lele):
  14. Siapkan 15 buah cabe rawit merah
  15. Ambil 5 buah cabe merah keriting
  16. Siapkan 7 siung bawang merah
  17. Gunakan 2 siung bawang putih
  18. Sediakan 2 butir kemiri
  19. Gunakan 1/2 sdt terasi
  20. Ambil 1/2 sdt gula merah
  21. Siapkan 1/2 sdm garam
  22. Ambil Bahan c (cah kangkung):
  23. Sediakan 1 ikat kangkung
  24. Ambil 5 siung bawang merah
  25. Ambil 2 siung bawang putih
  26. Siapkan 1/2 sdt terasi
  27. Sediakan 1/2 sdt kaldu bubuk
  28. Sediakan 100 ml air

Sesuai dengan namanya, sambal satu ini akan sangat nikmat bilamana kita konsumsi bersama dengan lele, baik itu lele bakar ataupun lele goreng. Nah, berikut akan kami ulas cara penyajian sambal pecel lele di atas agar semakin nikmat. Sebuah hidangan lele yang memiliki nama asal Pecak lele ini diolah dengan cara digoreng garing dan merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Kunci kelezatan pada hidangan ini sebenarnya terletak pada sambal yang disajikan, serta kegurihan lele gorengnya.

Langkah-langkah menyiapkan Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung):
  1. Siapkan bahan lele goreng. Cuci bersih lele dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan 15 menit.
  2. Haluskan bahan bumbu, campurkan ke lele, tambahkan garam, diamkan 15 menit agar bumbu meresap, taburi dengan campuran tepung beras dan tepung bumbu lalu goreng.
  3. Siapkan bahan sambel. Tumis bahan sambel (kecuali garam dan gula merah) hingga setengah layu saja lalu ulek bersama garam dan gula merah.
  4. Siapkan bahan cah kangkung. Kangkung di siangi lalu cuci bersih. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe rawit merah. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang hingga wangi lalu masukkan terasi dan cabe. Oseng sebentar lalu masukkan air, garam dan kaldu bubuk. Biarkan hingga mendidih lalu masukkan kangkung. Tumis sebentar sambil terus di aduk, angkat.

Paduan ini memberikan daya kelezatan tersendiri yang luar biasa, apalagi jika disajikan dengan pelengkap lalapan. Itulah dia cara membuat sambal pecel lele. Simak juga resep lain seperti sambal goreng, sambal bawang, dan masih banyak lagi. Jika kamu tahu ada kesalahan pada resep, bisa beritahu kami ya. Bumbu sambal ini sering dijadikan pelengkap untuk pecel sayur, pecel lele, bahkan jadi cocolan tempe goreng.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pecel Lele Komplit (Lele Goreng, Sambel & Cah Kangkung) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved