Bagaimana Menyiapkan Putu Ayu Kukus, Lezat

Dennis Garza   23/10/2020 16:25

Putu Ayu Kukus
Putu Ayu Kukus

Sedang mencari ide resep putu ayu kukus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal putu ayu kukus yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari putu ayu kukus, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan putu ayu kukus yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Seperti kue putu ayu pandan misalnya, kue dengan ciri khas berwarna hijau ini memiliki teksture Oh iya, mengingatkan kembali ketika kue putu ayu pandan no amis telur ini di kukus, jangan lupa lapisi. Setelah matang, angkat dan keluarkan kue dari cetakan. Untuk putu ayu menggunakan beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan bolu kukus.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat putu ayu kukus yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Putu Ayu Kukus menggunakan 9 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Putu Ayu Kukus:
  1. Ambil 2 butir telur ayam
  2. Gunakan 200 grm gula
  3. Siapkan 200 grm tepung terigu
  4. Sediakan Sejumput garam
  5. Gunakan 1 saset santan kara 65 ml dan 110 air putih
  6. Ambil 1/4 baking powder
  7. Siapkan secukupnya Vanili bubuk
  8. Siapkan secukupnya Pasta pandan
  9. Gunakan 150 grm Kelapa muda

Siapkan cetakan putu ayu, lalu oles sedikit minyak goreng. Masukan sedikit "Kelapa Kukus", lalu lanjut tuang Siapkan alat kukus, pastikan benar-benar panas. Setelah itu, masukan "Adonan Putu Ayu". Resep putu ayu - Putu ayu menjadi salah satu kue yang memiliki cita rasa lezat bahkan bisa dinikmati di manapun dan kapanpun, bahkan kue putu ayu sendiri bisa menjadi makanan yang mengganjal.

Cara membuat Putu Ayu Kukus:
  1. Kukus kelapa muda masukkan garam secukupnya, kukus kurang lebih 10 - 15 menit
  2. Siapkan cetakan yg sudah diolesi dgn minyak, jika kelapa sudah selesai dikukus diamkan sebentar hingga dingin, kemudian masukkan pada cetakan sambil ditekan-tekan.
  3. Selanjutnya siapkan wadah masukkan telur dan gula mixer hingga mengembang, kemudian masukkan vanili, pasta pandan dan air santan mixer kembali hingga tercpur rata saja lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit aduk menggunakan spatula.
  4. Jika sudah tercampur rata dan tidak ada tepung yang menggumpal masukkan pada cetakan, kemudian kukus hingga matang. 😉

Cocok buat arisan dan acara-acara spesial lainnya. Salah satu jenis kue basah yang satu ini tentunya Anda kenal? Putu ayu merupakan jenis kue (kukus) yang berwarna hijau yang diatasnya terdapat taburan parutan kelapa. Cara membuat kue putu ayu/putri ayu kukus istimewa : Telur dan gula pasir dikocok sampai kental dan mengembang. Setelah itu tambahkan tepung terigu dan aduk sampai rata.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Putu Ayu Kukus yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved