Cara Gampang Menyiapkan Acar sayur, Sempurna

Nellie Roberson   18/07/2020 13:00

Acar sayur
Acar sayur

Anda sedang mencari ide resep acar sayur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal acar sayur yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari acar sayur, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan acar sayur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Menu Lunch Box III: Nasi, ABG (Ayam Bawang Goreng), Tumis Sayur Jamur, & Acar enak lainnya. Tumis biji sawi, bawang besar, cili merah, cili hijau, pes bawang putih dan pes halia hingga wangi tetapi jangan sampai bawang layu. Acar atau jeruk sayur-sayuran adalah satu kaedah memanjangkan hayat sayur-sayuran tersebut supaya ia tahan lama dan boleh didapati pada bila-bila masa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan acar sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Acar sayur menggunakan 18 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Acar sayur:
  1. Ambil 1 kg mentimun
  2. Siapkan 1 kg wortel
  3. Gunakan 1 genggam/kurleb 15 siung bawang merah
  4. Gunakan 1 bungkul bawang putih
  5. Gunakan 1 ons cabe lalap(cabe rawit hijau
  6. Ambil Bumbu halus:
  7. Gunakan 4 siung bawang putih
  8. Ambil 6 siung bawang merah
  9. Siapkan 5 btr kemiri (opsional)
  10. Siapkan 1 jari kunyit
  11. Ambil 1 jari jahe
  12. Sediakan 1 sdm merica
  13. Siapkan 1 sedm minyak utk menumis
  14. Gunakan 500 ml air
  15. Gunakan 2 sdm cuka masak
  16. Sediakan 2 sdm gula pasir
  17. Gunakan 1 sdm garam
  18. Siapkan Sedikit penyedap

Blog saya ini juga banyak dirujuk oleh anak anak yang baru berjinak jinak di dapur dan anak anak yang sedang. Acar mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kalau bahan yang digunakan untuk membuat acar adalah sayur atau buah yang memiliki antioksidan yang besar, kemungkinan besar akan tetap ada. Dengan rutin mengonsumsi acar, tubuh tidak akan mengalami gangguan atau masalah terlalu besar.

Cara menyiapkan Acar sayur:
  1. Kupas mentimun ma wortel potong batang korek cuci bersih sisihkan
  2. Kupas bawang putih,bawang merah potong" kasar sisihkan,cabe rawit bersihkan batang ny
  3. Haluskan semua bumbu halus
  4. Panaskan minyak tumis bawang putih,bawang merah potongan hingga layu masukkan bumbu halus tumis hingga harum tambahkan air didihkan
  5. Setelah mendidih masukkan cuka,gula,garam dan penyedap didihkan kembali
  6. Setelah mendidih cek rasa bila d rasa cukup masukkan wortel masak setengah matang kemudian masukkan mentimun bersama cabe rawit hijau/cabe acar masak hingga wortel empuk mentimun agak layu angkat sajikan…

Kita semua tahu bahwa acar adalah salah satu makanan pelengkap yang mungkin menjadi wajib ada di berbagai masakan. Karena itu banyak orang mencari resep sayur acar kuning sebagai pelengkap makanan ataupun sebagai menu sayur pada menu makanan harian. Acar merupakan sejenis sajian Malaysia yang terdiri daripada bahan-bahan yang dijeruk. Sayur-sayuran keras, atau buah-buahan jeruk disatukan menjadi sebuah sajian yang tersendiri. Terdapat acar yang dimasak, sementara terdapat acar yang dihasilkan seperti gaya rojak atau salad.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan acar sayur yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved