Cara Gampang Menyiapkan Acar sayur bumbu kuning yang Bikin Ngiler

Warren Cortez   08/11/2020 05:39

Acar sayur bumbu kuning
Acar sayur bumbu kuning

Sedang mencari inspirasi resep acar sayur bumbu kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal acar sayur bumbu kuning yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Dikeluarga saya acar kuning dimasak bersama ikan mas. Berhubung ditempat saya tinggal ikan mas susah didapat, jd saya masak sayurnya aja agar tetap bisa menikmatinya. Menurut ibu kedua menu ini memang sangat cocok kl disajikan bersamaan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari acar sayur bumbu kuning, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan acar sayur bumbu kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat acar sayur bumbu kuning yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Acar sayur bumbu kuning menggunakan 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Acar sayur bumbu kuning:
  1. Siapkan 5 jagung puttern, potong memanjang
  2. Gunakan 3 ketimun, buang bagian tengah lalu potong memanjang
  3. Siapkan 10 buncis, potong serong
  4. Siapkan 1 buah tomat, buang kulit iris korek
  5. Sediakan 5 cabe rawit hijau
  6. Sediakan 1 batang serai, geprek
  7. Siapkan 1 ruas lengkuas, geprek
  8. Gunakan 2 lembar daun salam
  9. Gunakan Secukupnya garam, gula,lada,kaldu bubuk
  10. Sediakan Secukupnya air
  11. Siapkan Secukupnya minyak utk menumis
  12. Gunakan Bahan bumbu halus :
  13. Gunakan 3 siung bawang putih
  14. Sediakan 4 siung bawang merah
  15. Gunakan 1 ruas jahe
  16. Siapkan 2 butir kemiri
  17. Siapkan 2 ruas kunyit

Sayur ini identik dengan warna kuning dari kunyit dan berpadu dengan rempah-rempah lainnya. Bumbu kuning sendiri merupakan salah satu jenis bumbu dasar, yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, merica dan garam yang dihaluskan bersama. Diolah hanya menggunakan bumbu-bumbu, tanpa menggunakan santan, resep acar kuning sangat pas menjadi pilihan bagi anda yang menyukai gaya hidup sehat. Sebagai menu sahur, acar kuning sangat pas disajikan dengan nasi putih hangat dan lauk sahur lainnya seperti; tumis kerang, telur bumbu bali, empal, dan lain-lain.

Langkah-langkah membuat Acar sayur bumbu kuning:
  1. Cuci bersih semua sayuran, kemudian beri sedikit garam lalu remas2. Kemudian bilas kembali. Tiriskan
  2. Panaskan minyak,kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun serai+daun salam+lengkuas. Tumis hingga bumbu mengental.
  3. Masukkan jagung puttern,campur bersama bumbu. Kemudian tambahkan sedikit air. Masak hingga jagung agak lembek.
  4. Masukkankan timun dan buncis lalu aduk rata bersama bumbu. Tambahkan garam+gula+lada+kaldu bubuk. Cicipi rasa.
  5. Tambahkan irisan tomat+cabe rawit. Masak hingga sayuran matang merata. Kemudian matikan kompor.
  6. Sajikan

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan mentimun, wortel, dan buncis, aduk hingga layu. Masukkan air, cabe merah, dan bawang merah. Kangen sama acar kuning yang ada di besek orang selametan. Nemu resep mbk Wina Septiani langsung recook dan pas banget untuk post #BanggaKirimRecook.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat acar sayur bumbu kuning yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved