Resep Sambal Teri Belimbing Wuluh, Bikin Ngiler

Minnie Watkins   02/08/2020 03:39

Sambal Teri Belimbing Wuluh
Sambal Teri Belimbing Wuluh

Lagi mencari inspirasi resep sambal teri belimbing wuluh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal teri belimbing wuluh yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal Belimbing Wuluh enak lainnya. In Indonesia, this sambal is mainly made with belimbing wuluh. These are small star fruits that are known for their sour taste.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal teri belimbing wuluh, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sambal teri belimbing wuluh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal teri belimbing wuluh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sambal Teri Belimbing Wuluh memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Teri Belimbing Wuluh:
  1. Sediakan 100 gram ikan teri kecil
  2. Siapkan 100 gram cabe merah
  3. Siapkan 4 siung bawang merah
  4. Sediakan 1 siung bawang putih
  5. Sediakan 4 gram terasi (bakar diatas api)
  6. Sediakan 2 buah asam kasturi
  7. Siapkan 1/2 sdt garam
  8. Gunakan 5 buah belimbing wuluh

Betul kata Chef Meliana, sambal ini bakal gagal diet, tidak cukup sepiring. Tak cukup hanya didampingi sepiring nasi saja saat menyantap sambal teri yang bercita rasa pedas, gurih, asam dan manis ini. Jika suka pedas, cabe keriting merah bisa diganti dengan cabe rawit merah. Tak cukup hanya didampingi sepiring nasi saja saat menyantap sambal teri yang bercita rasa pedas, gurih, asam dan manis ini.

Cara membuat Sambal Teri Belimbing Wuluh:
  1. Goreng ikan teri Hingg kering
  2. Giling halus cabe, bawang merah, putih dan terasi. Goreng dengan minyak hingga matang.
  3. Masukkan jeruk/ asam kasturi
  4. Iris tipis belimbing wuluh
  5. Campur cabe dan belimbing
  6. Sajikan

Jika suka pedas, cabe keriting merah bisa diganti dengan cabe rawit merah. Mudah dimasak dan selalu jadi kegemaran. Rasa asamnya yang segar tentu membuat lidah siapa pun yang menyantapnya melek, pas buat sahur yang sering mengantuk. Kali ini, belimbing wuluh diolah menjadi sambal. Lihat juga resep Sambal Belimbing Wuluh enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Teri Belimbing Wuluh yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved