Cara Gampang Menyiapkan Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian yang Lezat

Bettie Bradley   03/07/2020 23:44

Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian
Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian

Lagi mencari inspirasi resep sambal kecombrang teri nasi ala mama fifian yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal kecombrang teri nasi ala mama fifian yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian Kebetulan lg pingin mencoba membuat sambal kecombrang yg bbrp waktu lalu ngetren di CPI, tp susah nemunya. Hari ini tukang sayur bawa bunga kecombrang. Sambal selalu jadi daya tarik yang begitu menggoda bagi orang Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal kecombrang teri nasi ala mama fifian, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambal kecombrang teri nasi ala mama fifian yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal kecombrang teri nasi ala mama fifian yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian menggunakan 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian:
  1. Ambil 2 buah bung kecombrang
  2. Ambil 50 g teri nasi
  3. Ambil Bumbu Iris:
  4. Ambil 2 buah baput
  5. Siapkan 5 buah bamer
  6. Siapkan 5 buah cabe rawit merah
  7. Gunakan 2 buah cabe merah besar
  8. Ambil 1 btg sereh
  9. Ambil 3 lbr daun jeruk
  10. Siapkan 1 ruas jahe geprek
  11. Sediakan 2 lbr daun salam

Lihat juga resep Nasi Uduk Rice Cooker dengan Sambal Kecombrang dan Sambal Kacang enak lainnya. Masakan sambal dari medan yang satu ini cukup praktis dan awet. Bisa disimpan ke dalam toples kedap udara tanpa khawatir akan basi. Sambal ini pun enak dimakan walau hanya sebatas untuk pendamping nasi saja.

Langkah-langkah membuat Sambal Kecombrang Teri Nasi ala Mama Fifian:
  1. Siapkan bahan. Kupas baput bamer, lalu cuci bersama bumbu lain kemudian iris2,sisihkan
  2. Belah bunga kecombrang,lalu iris sesuai selera, beri garam uleni biarkan sekirltar 5 menit, bilas tiriskan
  3. Tumis baput,bamer,jahe sampai harum. Tambahkan irisan sereh dan teri. Masak sekitar 5 menit
  4. Tambahkan irisan cabe,menyusul kecombrang, aduk rata sambil dimasak dg api kecil sekitar 2 menit
  5. Tambahkan irisan daun jeruk dan tomat, gatam,gulpas. Aduk kembali, cek rasa. Matikan kompor. Sajikan.

Di kuliner Batak dikenal sambal rias, atau sambal kincung yang terbuat dari bunga kecombrang yang ditumbuk bersama cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri dan tomat. Sambal Kecombrang enak unik pedas dan yang pasti buat nagih banget. dimakan pake nasi doang pun ini udah enak. Kemudian kecilkan api, masukkan daun kecombrang dan ikan teri. Resep ikan teri kecombrang kali ini menggunakan ikan teri nasi khas medan ditambah dgn kecombrang. Wahh rasanya bener-bener enak dan diet pun gagal.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal kecombrang teri nasi ala mama fifian yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved