Resep Kue Lontar/egg tart yang Lezat

Hettie Cooper   25/06/2020 11:53

Kue Lontar/egg tart
Kue Lontar/egg tart

Sedang mencari ide resep kue lontar/egg tart yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lontar/egg tart yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lontar/egg tart, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan kue lontar/egg tart enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Semua warga Papua pasti kenal dengan yg namanya "kue lontar", ini adalah salah satu kue favorite saya saat hari raya. Kali ini saya mencoba membuat kue lontar untuk pertama kalinya, dan ternyata itu sangat mudah. Kayaknya susah, ternyata gampang banget bikinnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue lontar/egg tart sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kue Lontar/egg tart menggunakan 8 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Kue Lontar/egg tart:
  1. Sediakan 200 gram mentega
  2. Siapkan secukupnya tepung
  3. Gunakan 6 butir telur
  4. Siapkan 1 sdm gula pasir
  5. Ambil 1/2 sdt garam
  6. Ambil 1 kaleng susu kental manis
  7. Siapkan 2 sdt vanili cair
  8. Ambil 3/4 kaleng air hangat (pakai kaleng bekas skm)

Biasanya kue lontar ini akan sering dibuat pada malam perayaan tahun baru untuk orang Cina. Orang orang mengenalnya dengan sebutan Egg Tart / Tan Tha. Kalo di kampung saya dikenal dengan nama "Tart susu" karena bahan mayoritasnya adalah Telor dan SKM. Baru baru ini saya mengetahui nama lainnya dari google search yaitu "Kue Lontar" dimana sebutan ini adalah dari indonesia bagian timur.

Cara menyiapkan Kue Lontar/egg tart:
  1. Untuk membuat kulit lontar : Masukan mentega, gula,garam & 1 kuning telur ke dalam wadah. Kocok/campurkan semua bahan2 tadi hingga tercampur rata.
  2. Masukkan tepung sedikit demi sedikit ke dalam campuran tadi sampi adonan tidak lengket lagi di tangan.
  3. Ratakan adonan di dalam piring lontar/pan or tempat kue lainnya yg bisa di gunakan untuk membuat kue lontar.
  4. Untuk membuat Fla/isi lontar : Masukkan SKM, 5 butir telur, vanili & air hangat ke dalam wadah lalu aduk sampai semuanya tercampur rata.
  5. Masukkan campuran Fla tadi ke dalam kulit lontar yg sudah di siapkan sebelumnya. Lalu masukkan lontar ke dalam oven, panggang dengan suhu 180° selama 15menit lalu turunkan suhu ke 160° selama 45-50 menit.
  6. Kulit lontar akan berubah warna menjadi coklat muda & isi/Fla akan berwarna kuning kecoklatan.
  7. Tunggu sampai dingin and tadddaaaaa lontar sudah bisa di makan. 😋 Lebih enak lagi jika di masukkan ke dalam kulkas,akan terasa lebih nikmat.
  8. Dan akhirnya…. selamat mencoba & selamat menikmati ! 😋

Egg tart atau egg custard tart merupakan sejenis tart pastry dengan custard (adonan yang terbuat dari campuran susu atau krim, gula dan kuning telur) yang umum ditemui di Hong Kong dan negara Asia lainnya, makanan ini berupa kulit pastry yang diisi dengan custard telur dan dipanggang. Bentuknya mirip pie susu tapi lebih tebal, mirip seperti egg tart. Katanya, nama kue lontar diambil dari kata Round-Tart, atau ronttart dalam bahasa Belanda, karena bentuknya yang bundar. Lihat juga resep LONTAR/Egg Tart/Tart Susu enak lainnya. Lalu muncullah mini egg tart yang lebih praktis karena dibuat dengan ukuran sekali lahap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue lontar/egg tart yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved