Cara Gampang Membuat Sarikaya Pisang yang Enak Banget

Raymond Park   03/09/2020 02:42

Sarikaya Pisang
Sarikaya Pisang

Lagi mencari ide resep sarikaya pisang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sarikaya pisang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Kita akan membuat kue sarikaya pisang, yupz kita akan menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang raja yang sudah matang ini pasti enak sekali kalau kita olah jadi kue sarikaya. Kehadiran pisang membuat kue terasa lebih lezat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sarikaya pisang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sarikaya pisang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sarikaya pisang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sarikaya Pisang menggunakan 13 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sarikaya Pisang:
  1. Gunakan 6 butir telur ayam
  2. Sediakan 100 gr gula pasir (bisa dikurangi 50gr)
  3. Ambil 200 gr gula merah, cairkan dengan 100 ml air
  4. Gunakan 250 gr santan kental
  5. Siapkan 2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit santan kental
  6. Ambil 1/2 sdm bumbu spekuk
  7. Siapkan 1/2 sdm kayimanis bubuk
  8. Siapkan 3 lembar daun pandan, potong-potong
  9. Gunakan 3 buah pisang raja (pisang kepok kuning), iris2,sisihkan
  10. Siapkan Pelengkap
  11. Gunakan Nasi ketan
  12. Sediakan Garnish
  13. Siapkan Cerry, kayu manis batang, pandan

Jenis makanan ini sangat mudah ditemukan baik di pinggir jalan sampai di restoran. Pisang memiliki tekstur yang lembut rasanya manis, namun tidak segar seperti buah pada Jika kamu ingin membuat camilan dari olahan pisang, berikut beberapa jenis olahan pisang yang bisa kamu. Tanaman Pisang Variegata - Pisang variegata atau yang mempunyai nama latin Musa Karena keunikannya tanaman Pisang Variegata masih jarang ditemukan di Indonesia. MediaTani - Pisang merupakan salah satu buah yang populer di tengah masyarakat kita.

Cara menyiapkan Sarikaya Pisang:
  1. Siapkan mangkok tahan panas uk 100ml (saya pakai almunium foil)
  2. Cairkan gula merah, saring, sisihkan,tunggu sampai hangat
  3. Kocok gula dan telur sampai gula larut
  4. Campur santan dengan kocokan telur,bumbu spekuk dan gula merah cair menjadi satu, aduk, tambahan larutan maizena, aduk rata.
  5. Tata irisan pisang dalam mangkok tahan panas, tuang adonan telur hingga 3/4 penuh, beri sepotong daun pandan.
  6. Kukus selama 20 menit hingga matang dan adonan menjadi padat, angkat dan dinginkan.
  7. Hias dengan cery, kayumanis batang.
  8. Siap di nikmati saat dingin (keluar kulkas)
  9. Atau bisa juga disajikan dengan nasi ketan

Selain mudah ditemukan, buah berbentuk panjang dan bulat ini juga sering. Pisang Mas (Emas) - Buah adalah satu satu jenis makanan yang sangat digemari oleh hampir semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan para orang tua. Cara Menanam Pisang - Berbagai macam buah memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Mengkonsumsi buah setiap hari sangatlah baik, karena kandungan nilai gizi yang besar membuat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sarikaya pisang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved