Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Atah yang Bisa Manjain Lidah

Evelyn Glover   07/12/2020 13:15

Ikan Mas Goreng Sambal Atah
Ikan Mas Goreng Sambal Atah

Anda sedang mencari ide resep ikan mas goreng sambal atah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan mas goreng sambal atah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan mas goreng sambal atah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan mas goreng sambal atah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Idenya siy, sambal matah cocok untuk semua hidangan. So, nyoba aja resep simple ini. ternyata enak dan bikin nambah. Matah versi sunda & lidah sendiri#DirumahAja.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ikan mas goreng sambal atah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ikan Mas Goreng Sambal Atah menggunakan 18 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Atah:
  1. Ambil 2 ekor ikan mas
  2. Sediakan Secukupnya minyak goreng
  3. Gunakan Bumbu Halus
  4. Sediakan 4 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 sdt ketumbar
  6. Sediakan 2 ruas jahe
  7. Gunakan 2 ruas kunyit
  8. Siapkan 1 ruas lengkuas
  9. Gunakan 1 sdt garam
  10. Gunakan 1/2 sdt lada bubuk
  11. Siapkan Sambal Atah
  12. Gunakan 5 siung bawang merah iris
  13. Gunakan 1/2 butih tomat buang isi
  14. Ambil 3 buah cabe rawit
  15. Sediakan 2 buah cabe keriting
  16. Gunakan 2 ruas jahe
  17. Ambil 1 buah jeruk limau
  18. Sediakan 2 sdm minyak panas

Momen yang tepat adalah pada Lebaran Idul Fitri. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Selanjutnya, silahkan goreng ikan hingga matang dna berwarna keemasan serta dibagian kulit ikan terlihat kering. Bila ikan sudah matang, angkat ikan dari wajan biarkan terlebih dahulu agar minyaknya menetes sebelum kita masak bumbu baladonya.

Cara membuat Ikan Mas Goreng Sambal Atah:
  1. Siapkan bahan. Cuci bersih ikan, sayat ikannya agar bumbu meresap
  2. Bumbu Halus: Ulek semua bumbu sampai halus. Baluri ikan dengan bumbu sampai rata. Diamkan 15 menit atau lebih. Sisihkan
  3. Panaskan minyak, goreng ikan sampai kuning kecoklatan (saya cuma 1x balik ikan). Setelah matang angkat & tiriskan
  4. Sambal Atah: Iris & potong semua bahan sambal (kecuali jeruk limau), tuang dengan minyak panas, aduk rata lalu tuang perasan jeruk limau (saya pake 1/2 potong jeruk aja). Tata dalam piring ikan & sambalnya. Siap dihidangkan 🍽🐟

Ikan goreng is an Indonesian and Malaysian dish, consisting of deep fried fish or other forms of seafood. Ikan goreng literally means "fried fish" in Indonesian and Malay languages. Ikan goreng is very popular in Indonesia. Lihat juga resep Kakap Goreng sambal bawang enak lainnya. Nah, untuk memasak ikan mas goreng saya punya tipsnya nih. silahkan di simak ya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ikan mas goreng sambal atah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved