Resep Pie susu (kue lontar) Anti Gagal

Aaron Murphy   10/10/2020 21:28

Pie susu (kue lontar)
Pie susu (kue lontar)

Sedang mencari inspirasi resep pie susu (kue lontar) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pie susu (kue lontar) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pie susu (kue lontar), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan pie susu (kue lontar) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Kue lontar (pie susu khas papua) tanpa oven dan mixer enak lainnya. Meski menyerupai kue pie, namun ternyata kue lontar bukan pie susu raksasa. Kue ini berasal dari Kabupaten Fak-Fak, Provinsi Papua Barat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pie susu (kue lontar) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pie susu (kue lontar) memakai 13 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pie susu (kue lontar):
  1. Ambil Bahan kulit :
  2. Ambil 200 gr mentega blueband
  3. Ambil 1 sdm gula halus/lbh bila suka manis
  4. Ambil 1 sdm susu bubuk (sy pake dancow fullcream)
  5. Sediakan 1 sdt butter wishkman
  6. Siapkan 1 btr kuning telur
  7. Siapkan 1/4 sdt vanili
  8. Ambil 200 gr tepung terigu protein rendah (sy pake kunci biru)
  9. Sediakan Bahan fla:
  10. Siapkan 125 ml skm putih
  11. Ambil 125 ml air panas
  12. Gunakan 1/2 sdt vanili
  13. Sediakan 6-8 btr kuning telur

Kue Lontar merupakan kue Pie Susu khas dari Papua. Kue ini rasanya manis dan gurih. Kue berbahan baku margarin, tepung terigu, vanili, dan susu ini dicetak dengan piring sehingga berbentuk mangkuk bundar atau bulat. - Daerah Kita CARA MEMBUAT (MEMBIKIN) MAKANAN KHAS PAPUA KUE LONTAR / PIE SUSU LEGIT, NIKMAT Bismillah. Kue lontar ini disebut-sebut sebagai pie susu khas dari provinsi paling timur Indonesia ini.

Cara menyiapkan Pie susu (kue lontar):
  1. Masukan mentega dan gula aduk hingga gula larut,kemudian tambahkan susu bubuk,vanili,kuning telur,butter aduk kembali hingga tercampur rata.
  2. Kemudian masukan terigu sedikit demi sedikit uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Siapkan loyang yg sudah di olesi margarine tipis dan tepung (sy pakai loyang aluminium foil ukuran 20cm dan piring lontar dari keramik tanpa sy olesi mentega. Cetak adonan dalam loyang hingga adonan habis.
  4. Panaskan oven dgn api sedang sesuaikan suhu sesuai oven masing masing ya bun.
  5. Siapkan adonan fla. Panaskan air hingga mendidih campur dalam gelas bersama skm. Kocok kuning telur,vanili hingga tercampur rata masukan susu panas ke dalam adonan telur aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan fla ke dalam adonan kulit dengan cara do saring. Jangam terlalu penuh ya bunda. Lakuka hingga seluruh adonan habis.
  7. Masukan dalam oven panggang dengam api kecil -+ 60 menit atau sampai adonan fla padat. Jangan terlalu besar api karna adonan fla bisa pecah dan kulit jadi gosong.
  8. Angkat pie susu yang sudah matang
  9. Simpan dalam kulkas sajikan dingin lebih nikmat karna kulit lbh terasa crispy… Anak2 sama ibu dan semua pada suka loh…. Selamat mencoba

Penamaan kue lontar konon berasal dari bahasan Belanda londtart atau kue bundar. Kue lontar bertekstur lembut bagian dalam, sedangkan kulitnya renyah. Rasanya yang manis pasti membuat penyuka kue ketagihan pada cita rasanya. Resep pie susu yang satu ini agak berbeda dengan kue lontar khas Papua karena sudah sedikit mendapat bahan tambahan, salah satunya adalah strawberry. tentu saja para pecinta strawberry akan lebih menyukai sajian yang satu ini. Resep kue lontar atau pie susu.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pie susu (kue lontar) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved