Resep Kue Lontar / Pie Susu yang Lezat Sekali

Ian Green   08/09/2020 10:08

Kue Lontar / Pie Susu
Kue Lontar / Pie Susu

Lagi mencari ide resep kue lontar / pie susu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lontar / pie susu yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lontar / pie susu, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue lontar / pie susu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Resep Kue Lontar khas Papua aka Pie Susu. Ceritanya tau kue ini karna tinggal di Timika Papua. Kue Lontar khas Kabupaten Fakfak Papua ini menjadi Primadona di setiap acara.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue lontar / pie susu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Lontar / Pie Susu menggunakan 14 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kue Lontar / Pie Susu:
  1. Gunakan Bahan kulit :
  2. Gunakan 200 gram Tepung Terigu (saya pakai tepung Kompas)
  3. Gunakan 100 gram Margarin (saya pakai Blueband)
  4. Sediakan 1 kaleng Susu Kental Manis
  5. Ambil 1 kaleng Air Mineral (gunakan kaleng bekas susu diatas)
  6. Gunakan 1 kuning telur
  7. Sediakan Bahan isi :
  8. Gunakan 5 kuning telur
  9. Ambil 1 kaleng Susu Kental Manis
  10. Sediakan 1 kaleng Air Mineral (gunakan kaleng bekas susu diatas)
  11. Ambil 1/2 sdt Vanili
  12. Ambil Bahan Tambahan :
  13. Gunakan 1/2 sdt Vanili
  14. Ambil 80 gram keju cheddar diparut

Kue Lontar merupakan kue Pie Susu khas dari Papua. Kue ini rasanya manis dan gurih. Kue berbahan baku margarin, tepung terigu, vanili, dan susu ini dicetak dengan piring sehingga berbentuk mangkuk bundar atau bulat. - Daerah Kita Kue lontar alias pie susu ini memiliki rasa yang manis, legit, sekaligus gurih. Cara membuatnya seperti membuat kue pie susu pada umumnya, namun meski terlihat sederhana, kamu harus memperhatikan panasnya oven, jangan terlalu panas dan lama.

Langkah-langkah membuat Kue Lontar / Pie Susu:
  1. Campurkan tepung terigu, margarin, dan kuning telur. Ayak sampai tercampur rata.
  2. Campurkan 5 kuning telur dan 1/2 sdt vanili. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Padatkan dan sisihkan adonan kulit
  4. Masukkan 1 kaleng susu kental manis, lalu aduk lagi. Dan tambahkan 1 kaleng air mineral dari bekas kaleng susu yang digunakan.
  5. Masukkan 1 kaleng susu kental manis lalu aduk kembali. Dan tambahkan 1 kaleng air mineral dari bekas kaleng susu yang digunakan, kemudian diaduk sampai tercampur rata.
  6. Ambil kembali adonan kulit yang tadi dipadatkan dan ratakan pada loyang cetakan yang sudah disiapkan.
  7. Panaskan oven
  8. Tuang campuran telur, susu dan vanili ke atas adonan kulit yang sudah diratakan. Sebaiknya gunakan saringan agar ampas dari telur dan susu bisa tersaring.
  9. Masukkan pie yang siap di panggang ke dalam oven. Panggang kurang lebih 30 menit.
  10. Angkat pie dan taburi dengan keju parut diatasnya (bila menyediakan keju).

CARA MEMBUAT (MEMBIKIN) MAKANAN KHAS PAPUA KUE LONTAR / PIE SUSU LEGIT, NIKMAT Bismillah. Kue lontar ini disebut-sebut sebagai pie susu khas dari provinsi paling timur Indonesia ini. Penamaan kue lontar konon berasal dari bahasan Belanda londtart atau kue bundar. Kue lontar bertekstur lembut bagian dalam, sedangkan kulitnya renyah. Rasanya yang manis pasti membuat penyuka kue ketagihan pada cita rasanya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Lontar / Pie Susu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved