Resep Cilok Crispy Sambal Kacang (Praktis & Ekonomis), Enak Banget

Sean Davis   10/08/2020 23:30

Cilok Crispy Sambal Kacang (Praktis & Ekonomis)
Cilok Crispy Sambal Kacang (Praktis & Ekonomis)

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok crispy sambal kacang (praktis & ekonomis) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok crispy sambal kacang (praktis & ekonomis) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok crispy sambal kacang (praktis & ekonomis), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cilok crispy sambal kacang (praktis & ekonomis) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Cilok crispy saus bolognese. foto: Instagram/@depaii.kitchen. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat Tumbuk kacang hingga halus lalu tambahkan cabe, gula merah, bawang putih, air asam jawa, dan garam. Setelah itu kemudian tumis dengan minyak.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cilok crispy sambal kacang (praktis & ekonomis) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cilok Crispy Sambal Kacang (Praktis & Ekonomis) menggunakan 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cilok Crispy Sambal Kacang (Praktis & Ekonomis):
  1. Siapkan tepung terigu
  2. Siapkan tepung tapioka
  3. Sediakan bawang putih (haluskan)
  4. Ambil garam
  5. Sediakan lada dan kaldu bubuk
  6. Siapkan daun bawang (iris)
  7. Ambil telur rebus (potong kecil2, sesuaikan)
  8. Ambil air (untuk merebus)
  9. Gunakan terigu larutkan dgn air secukupnya
  10. Ambil tepung panir
  11. Ambil Bumbu Kacang =
  12. Siapkan bawang merah
  13. Sediakan bawang putih
  14. Sediakan cabai (opsional)
  15. Gunakan kacang tanah goreng
  16. Siapkan garam gula
  17. Gunakan minyak goreng

Cilok, mendengar namanya saja pasti kamu langsung terbayang rasanya yang kenyal, empuk serta menggugah selera. Ya, makanan kecil yang biasanya dijajakkan di depan sekolah atau di pinggir-pinggir jalan ini, memang disukai semua kalangan. Cilok adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka. Makanan ini dapat kamu temukan di Kota Bandung dan daerah sekitar Jawa Barat.

Cara membuat Cilok Crispy Sambal Kacang (Praktis & Ekonomis):
  1. Panaskan air, hingga mendidih. kecilkan api..
  2. Campurkan tepung terigu dan tapioka, masukkan bawang putih halus, gula, garam, kaldu bubuk, dan daun bawang. Aduk sampai merata.
  3. Tuang air panas ke adonan sedikit demi sedikit hingga dapat dipulung. Isi cilok dengan irisan telur rebus, bulatkan.
  4. Masukkan bulatan cilok ke air mendidih sampai mengambang. Tunggu hingga 5 menit. Angkat, sisihkan.
  5. Masukkan cilok yang sudah direbus ke cairan terigu, balur dengan tepung panir hingga merata.
  6. Goreng hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan.
  7. Sambal kacang: iris tipis bawang merah bawang putih dan cabe kemudian goreng. Haluskan bawang putih bawang merah cabe dan kacang tanah (yg sudah digoreng), beri garam dan gula secukupnya. Ulek sampai halus. Beri air dan kecap secukupnya
  8. Cilok Crispy plus Sambal Kacang siap dihidangkaan..

Cilok biasanya terasa kenyal dengan adanya tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Masukkan cilok ke dalam sambal, aduk hingga merata. Lalu diamkan sejenak hingga sambal Semangkuk cilok sambal kacang pun siap dihidangkan. Paling pas jika dinikmati bersama kerupuk renyah. Contact Cilok krispy sambal geprek on Messenger.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok crispy sambal kacang (praktis & ekonomis) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved