Resep Kue Lontar (Pie Susu Papua) Anti Gagal

Jim Powers   24/10/2020 06:06

Kue Lontar (Pie Susu Papua)
Kue Lontar (Pie Susu Papua)

Sedang mencari ide resep kue lontar (pie susu papua) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lontar (pie susu papua) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Kue Lontar khas Papua aka Pie Susu. Ceritanya tau kue ini karna tinggal di Timika Papua. Kue Lontar khas Kabupaten Fakfak Papua ini menjadi Primadona di setiap acara.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lontar (pie susu papua), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue lontar (pie susu papua) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kue lontar (pie susu papua) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Kue Lontar (Pie Susu Papua) memakai 10 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kue Lontar (Pie Susu Papua):
  1. Ambil Bagian Kulit:
  2. Gunakan 200 gram tepung terigu (saya pakai segitiga)
  3. Siapkan 100 gram margarine (saya pakai forvita)
  4. Siapkan 1 butir telur
  5. Ambil Bagian isi:
  6. Ambil 1 kaleng SKM (saya pakai carnation)
  7. Ambil 1 kaleng air hangat (bekas SKM)
  8. Siapkan 2 bungkus vanili bubuk atau 2 sdm vanili cair
  9. Siapkan 5 butir kuning telur
  10. Gunakan Gula (jika ingin lebih manis, kalau saya tidak tambah gula)

Kue Lontar merupakan kue Pie Susu khas dari Papua. Kue ini rasanya manis dan gurih. Kue berbahan baku margarin, tepung terigu, vanili, dan susu ini dicetak dengan piring sehingga berbentuk mangkuk bundar atau bulat. - Daerah Kita Meski menyerupai kue pie, namun ternyata kue lontar bukan pie susu raksasa. Kue ini berasal dari Kabupaten Fak-Fak, Provinsi Papua Barat.

Cara membuat Kue Lontar (Pie Susu Papua):
  1. Masukan tepung terigu, margarin, dan telur dalam wadah kemudian uleni sampai tidak lengket (mirip adonan nastar)
  2. Masukan adonan dalam plastik kemudian masukan ke dalam kulkas kurang lebih 30 menit
  3. Sambil menunggu adonan kulit, masukan SKM, air hangat, kuning telur, vanili ke dalam wadah (kalau suka manis bisa tambahkan gula) lalu kocok lepas. Test rasa.
  4. Setelah itu saring menggunakan saringan yang berlubang kecil.
  5. Cetak adonan kulit dalam cetakan pie (lebih bagus pakai piring ikan khas papua)
  6. Masukan perlahan isinya menggunakan sendok hingga sedikit penuh
  7. Oven dengan api kecil sekali kurang lebih 1 jam. Jika menggunakan oven listrik suhu 100° dengan waktu +/- 60 menit. Pastikan isi tidak cair. ☺️ Selamat mencoba ☺️

Pada awalnya nama kue lontar berasal dari bahasa Belanda yaitu londtart, yang artinya kue bundar. Namun karena agak sulit dilafalkan, maka penduduk Papua menyebut kue ini menjadi kue lontar. PAPUA tak hanya punya kuliner olahan ikan atau sagu yang dijadikan makanan utama. Tanah Cendrawasih juga punya beragam jenis penganan yang harus kamu coba ketika melancong ke sana. Salah satu kudapan khas Papua terkenal yaitu kue lontar.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue lontar (pie susu papua) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved