Cara Gampang Menyiapkan Egg tart/pie susu/kue lontar Anti Gagal

Julia Briggs   23/10/2020 11:33

Egg tart/pie susu/kue lontar
Egg tart/pie susu/kue lontar

Lagi mencari ide resep egg tart/pie susu/kue lontar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal egg tart/pie susu/kue lontar yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari egg tart/pie susu/kue lontar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan egg tart/pie susu/kue lontar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Dipapua ini namanya kue lontar dan aku lebih sering sebut ini pie susu atau egg tart. Aku pake vanilla susu utk menghilangkan bau amis telurnya. Resep Pie susu / kue lontar/ egg tart.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah egg tart/pie susu/kue lontar yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Egg tart/pie susu/kue lontar menggunakan 15 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Egg tart/pie susu/kue lontar:
  1. Sediakan Bahan kulit:
  2. Ambil 60 gr margarine
  3. Ambil 20 gr butter (aku pake yg unsalted)
  4. Gunakan 140 gr tepung
  5. Gunakan 1 sdm gula halus (tambahan dr aku)
  6. Gunakan 1 btr kuning telur (tambahan dari aku)
  7. Ambil Bahan isian:
  8. Sediakan 6 kuning telur (me: 5)
  9. Ambil 2 putih telur
  10. Siapkan 180 gr susu kental manis
  11. Sediakan 100 ml susu cair
  12. Sediakan 100 ml air panas (resep asli ditambah gula 1 sdm)
  13. Gunakan 1 sdt extra vanilla (tambahan dr aku)
  14. Ambil 1 sdm tepung custard (tambahan dr aku)
  15. Sediakan Sejumput garam (tambahan dr aku)

Kue lontar dan egg tart adalah kue yang sama. Kue lontar adalah kue (egg tart) yang dibuat dengan beralaskan piring lontar atau piring yang bentuknya cekung dengan gambar ikan di alasnya. Lihat juga resep Kue lontar (egg tart/ pie susu) enak lainnya. Bagi yang belum pernah denger, Kue Lontar tidak lain tidak bukan adalah Egg tart atau Pie Susu ( nama aslinya sih Rhum Tart ) Aku sendiri belum menemukan sejarah mengapa Pie yang satu ini disebut Kue Lontar.

Langkah-langkah menyiapkan Egg tart/pie susu/kue lontar:
  1. Cara membuat kulit:
  2. Aduk ato kocok menggunakan whisk margarine, butter,telur dan gula halus. Tambahkan tepung aduk terus menggunakan garpu ato jari2 tangan (pake sarung tangan plastik ya) sampai adonan menyatu, lalu cetak dipiring tebal tahan panas atau cetakan pie.sy pakai piring khusus utk kue lontar diameter 20
  3. Cara membuat isian:
  4. Campur semua bahan. Aduk rata dan saring.
  5. Tuang dikulit yang sudah dicetak.
  6. Panggang dengan api kecil suhu 100-110 darcel. Saya panggang kurang lebih 1,5 jam krn pake api kecil supaya permukaannya mulus.

Satu satunya yang aku tahu hanyalah, kue ini dibuat beralaskan piring Lontar ( Piring cekung dengan lukisan ikan didasarnya ). Resep Kue Lontar - Resep PIE SUSU. Hong Kong Egg Tart Kue Lontar.. Lihat juga resep LONTAR/Egg Tart/Tart Susu enak lainnya. Lontar pie susu terbuat dari bahan - bahan pilihan dan tanpa pengawet serta pemanis buatan..

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan egg tart/pie susu/kue lontar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved