Resep Bolu Kojo yang Lezat

Inez Owen   05/11/2020 05:28

Bolu Kojo
Bolu Kojo

Anda sedang mencari ide resep bolu kojo yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kojo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kojo, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bolu kojo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bolu kojo sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Bolu Kojo menggunakan 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bolu Kojo:
  1. Gunakan 3 butir telur
  2. Sediakan 100-120 gr gula pasir
  3. Siapkan 150 gr tepung terigu
  4. Ambil 250 ml air pandan - suji
  5. Gunakan 250 ml santan instant
  6. Siapkan 50 gr susu kental manis
  7. Siapkan 1/4 sdt garam
  8. Sediakan 50 gr butter, lelehkan

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu Kojo:
  1. Campur semua bahan kecuali mentega cair kedalam food processor, boleh kocok biasa/blender sampai rata, setelah itu baru masukkan mentega cair, aduk sampai rata.
  2. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah dioles minyak / butter, saya menggunakkan loyang diameter 18
  3. Panggang kedalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya di suhu 170° dengan api bawah selama 40 menit, kemudian lanjutkan memanggang dengan api atas bawah selama 20 menit atau sampai matang (sesuaikan dengan oven masing2 yaa), angkat, tunggu dingin baru dipotong2.

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu kojo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved