Resep Roti Ketawa / Onde-onde tanpa isi yang Sempurna

Virgie Ingram   04/07/2020 18:20

Roti Ketawa / Onde-onde tanpa isi
Roti Ketawa / Onde-onde tanpa isi

Lagi mencari inspirasi resep roti ketawa / onde-onde tanpa isi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti ketawa / onde-onde tanpa isi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti ketawa / onde-onde tanpa isi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan roti ketawa / onde-onde tanpa isi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Ini adalah salah satu dari varian onde-onde tempo doeloe. Critanya aq udah niat bgt mo bkin si onde" ini di rumah ibu.nah pas di rumah ibu udah tak siapin bahan" n.selengkapnya Teteh Pipeh (iva) Ikuti. Cara membuat kue onde onde isi kacang hijau dan kue onde onde ketawa sebenarnya sama persis, jika ada perbedaan, hanya terletak pada cara membuat adonannya saja.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat roti ketawa / onde-onde tanpa isi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Roti Ketawa / Onde-onde tanpa isi menggunakan 12 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Roti Ketawa / Onde-onde tanpa isi:
  1. Siapkan 4 gelas belimbing tepung terigu
  2. Siapkan 3 sdm tepung tapioka (saya rose brand)
  3. Gunakan 1 sdt baking powder
  4. Gunakan 1/2 sdt fermipan
  5. Sediakan 1 gelas belimbing gula pasir
  6. Gunakan 5 sdm blueband
  7. Siapkan 5 sdm air hangat
  8. Ambil sejumput garam
  9. Sediakan secukupnya air untuk pencelup
  10. Ambil secukupnya vanili
  11. Sediakan secukupnya wijen
  12. Siapkan secukupnya minyak goreng

Bila menginginkan onde-onde yang 'senyum', bisa langsung goreng seperti biasa. Tapi jika ingin onde-onde yang 'ngakak', bisa digunting sedikit permukaannya sebelum digoreng. Tanpa perlu pegal, mangkuknya akan berputar secara otomatis. Jadi, adonan pun tercampur dengan sempurna.

Langkah-langkah membuat Roti Ketawa / Onde-onde tanpa isi:
  1. Siapkan wadah, tuang 5sdm air hangat, gula, kocok tangan untuk melarutkan gula.
  2. Setelah gula larut, masukan fermipan dan aduk diamkan 10 menit.
  3. Masukan baking powder, semua tepung sedikit demi sedikit ke dalam wadah yang berisi larutan gula pasir tadi dan uleni hingga kalis.
  4. Masukan sejumput garam dan blueband uleni lagi hingga kalis, jika masih lembek tambahkan sisa tepung dan uleni lagi hingga tidak lengket di tangan dan di wadah.
  5. Diamkan adonan dan ttup dengan kain selama 10 menit.
  6. Bulat2 kecil (ukuran ssuai selera) celup pada air dan gulingkan pada wijen.
  7. Diamkan adonan di kulkas 5 menit dan siapkan untuk menggoreng.
  8. Tahap penggorengan menurut saya adalah poin penting kue ini. Masukan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masukan kuenya (saya gunting biar lebih cantik) baru api kompor dihidupkan denga nyala yg kecil. Jangan di aduk, biarkan sampai kue mengembang dan naik ke atas.
  9. Balik kue sekali saja dan angkat.
  10. Jika hendak memasukan kue lagi, saya matikan apinya tunggu agak dingin dan masukan kuee baru hidupkan kompor lg.
  11. Selamat mencoba, anti gagal deh, saya jg pertama kali bikin ini 😂😂

Oleh-oleh Khas Surabaya Onde-Onde Ketawa merk "Sekar" Renyah diluar. Resep Onde Onde Ketawa Enak Renyahnya Krenyes Dan Empuk Didalam. Onde Onde Ketawa Alami Tanpa Digunting. Onde Onde Super Crispy Lembut Tahan Lama Dan Anti Gagal. Selain roti ganda dan Bolu Meranti, roti ketawa juga adalah makanan yang tersohor dari Kota Medan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat roti ketawa / onde-onde tanpa isi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved