Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Kojo, Lezat Sekali

Logan Warren   17/07/2020 21:59

Bolu Kojo
Bolu Kojo

Lagi mencari inspirasi resep bolu kojo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kojo yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kojo, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan bolu kojo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bolu kojo yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bolu Kojo memakai 8 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bolu Kojo:
  1. Siapkan Telur 5 yang besar (6 yang kecil)
  2. Gunakan 600 cc Santan Kental
  3. Gunakan 250 gr Gula
  4. Gunakan 15 lembar Daun Pandan
  5. Sediakan 7 lembar Daun Suji
  6. Sediakan 200 cc Susu Kental Manis Putih
  7. Ambil 300 gr Tepung Terigu
  8. Gunakan 100 cc Mentega cair

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu Kojo:
  1. Siapkan semau bahan
  2. Cuci bersih daun pandan dan daun suji lalu potong dan blender dengan sedikit santan, setelah itu panasan oven
  3. Peras hasil blenderan lalu saring, lalu masak santan kental dengan perasan dahn pandan dan daun suji, aduk-aduk hingga santan tidak pecah, mendidih matikkan api, biarkan dingin, lalu kocok telur dengan gula aduk dengan whish/kocokan telur, lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit bergantian dengan santan hingga tepung dan santan habis, terakhir masukkan mentega cair dan susu aduk rata
  4. Lalu oven, selama 50 menit dengan api sedang, untuk bunda tidak ada daun pandan dan daun suji bisa pakai pewarna hijau, susu bisa di skip tambah gulanya, setelah matang angkat, biarkan dingin, potong sesuai selera

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu kojo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved