Resep Bolu kojo Anti Gagal

Steve Schneider   15/11/2020 13:16

Bolu kojo
Bolu kojo

Lagi mencari inspirasi resep bolu kojo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kojo yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kojo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bolu kojo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bolu kojo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bolu kojo menggunakan 9 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Bolu kojo:
  1. Sediakan 400 ml santan kental
  2. Gunakan 3 sdm air perasan dr jus pandan(dr 20 lembar daun pandan)selera
  3. Ambil 2 butir telur
  4. Ambil 50 gr margarin/mentega(di cairkan)
  5. Siapkan 100 gr gula pasir(me) klo suka manis bs di tambah 25 gr
  6. Sediakan 200 gr terigu serbaguna/segitiga
  7. Sediakan 50 gr maizena
  8. Gunakan sejumput Garam
  9. Ambil secukupnya Pasta pandan

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Cara menyiapkan Bolu kojo:
  1. Blender santan,telur,gula pasir,garam,pasta pandan
  2. Campurkan ke dalam adonan tepung+maizena bahan yg sdh di blender tadi,lalu whisk sampai rata,masukan margarin/mentega cair tuang dlm adonan aduk rata lalu saring ke dlm loyang yg sdh di olesi dng minyak
  3. Panggang dng suhu 170° hingga matang merata,tusuk adonan dng lidi/sumpit utk test kematangan apabila tdk menempel adonan sdh matang

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bolu kojo yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved