Resep Bolu kojo Anti Gagal

Maurice Jimenez   25/06/2020 04:54

Bolu kojo
Bolu kojo

Lagi mencari ide resep bolu kojo yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kojo yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kojo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bolu kojo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bolu kojo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bolu kojo memakai 8 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bolu kojo:
  1. Sediakan 4 butir telur ayam
  2. Gunakan 300 gr gula halus
  3. Ambil 500 gr tepung terigu
  4. Siapkan 20 helai daun pandan
  5. Gunakan 10 helai daun suji
  6. Ambil 800 ml santan kelapa
  7. Siapkan 100 gr mentega cair
  8. Sediakan 1/2 sdt garam

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Cara menyiapkan Bolu kojo:
  1. Campur santan daun pandan daun Suji blender dan saring
  2. Rebus campuran santan dan pandan sambil diaduk" supaya tdk pecah dan dinginkan
  3. Campur telur dan gula aduk menggunakan whikser
  4. Masukan campuran telur dan gula kedlm tepung terigu dan garam aduk rata
  5. Masukan santan sambil diaduk" hingga rata
  6. Terakhir masukkan margarin ato mentega cair aduk sampe rata
  7. Tuang dlm loyang yg sdh dioles mentega panggang dgn suhu 170 dercel oven dipanaskan terlebih dahulu selama satu jam
  8. Klu sdh matang biarkan kuenya dingin dulu baru dipotong" dan sajikan

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu kojo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved