Resep Bolu kojo Anti Gagal

Charles Stevens   08/12/2020 01:04

Bolu kojo
Bolu kojo

Anda sedang mencari ide resep bolu kojo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kojo yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kojo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bolu kojo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bolu kojo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Bolu kojo memakai 10 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu kojo:
  1. Sediakan 5 lbr daun pandan
  2. Ambil 1 saset santan kara
  3. Siapkan 250 ml air
  4. Siapkan 1/2 sdt garam
  5. Gunakan 3 sdm gula
  6. Ambil 3 sdm margarin
  7. Sediakan 1 gelas terigu
  8. Gunakan 2 tetes esen pandan
  9. Sediakan 2 btr telur
  10. Sediakan Meisis untuk toping.boleh di skip

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Cara menyiapkan Bolu kojo:
  1. Campurkan air dengan daun pandan,blender sampai halus
  2. Saring ektrak daun pandan,tambahkan santan kara,margarin masak sampai margarin mencair.lalu dinginkan
  3. Di tempat terpisah campur gula pasir dan telurkocok pakai whis sampai tercampur
  4. Masukkan air pandan dan terigu bergantian sambil di aduk aduk
  5. Panaskan lanseng dan siapkan loyang yang sudah di oles margarin
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang
  7. Kukus selama 45 menit matang angkat dan taburi dengan meisis boleh nggak pakai toping selera aja

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Bolu kojo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved