Langkah Mudah untuk Membuat Empal khas cirebon (soto daging) Anti Gagal

Evan Brewer   22/10/2020 23:38

Empal khas cirebon (soto daging)
Empal khas cirebon (soto daging)

Anda sedang mencari ide resep empal khas cirebon (soto daging) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal empal khas cirebon (soto daging) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal khas cirebon (soto daging), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan empal khas cirebon (soto daging) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Kuliner empal yang khas ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Cirebon. Sama, Empal Gentong juga menjadi salah satu dari sekian makanan khas Penyajian kuliner ini menggunakan sebuah kuali yang berasal dari bahan tanah liat. Seperti namanya, Empal Gentong dibuat dari daging sapi yang.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat empal khas cirebon (soto daging) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Empal khas cirebon (soto daging) menggunakan 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Empal khas cirebon (soto daging):
  1. Gunakan 1/4 daging
  2. Gunakan Tauge / kecambah
  3. Ambil Irisan daun bawang dan tomat
  4. Sediakan Bawang goreng
  5. Sediakan Krupuk udang
  6. Siapkan Santan
  7. Ambil Bumbu halus :
  8. Ambil 4 Bawang merah
  9. Ambil 3 Bawang putih
  10. Ambil 3 Kemiri
  11. Ambil Ketumbar bubuk
  12. Gunakan Seruas kunyit bakar
  13. Ambil Seruas jahe bakar
  14. Gunakan Bumbu dapur/rempah:
  15. Ambil 2 lembar Daun salam dan jeruk
  16. Ambil Sereh
  17. Gunakan Kapulaga
  18. Gunakan Pala
  19. Siapkan Bunga lawang
  20. Sediakan Kayu manis

Empal gentong juga biasa disebut sebagai soto karena memang bentuknya yang seperti soto. Soto ini akan kami buat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi, jeroan dan babat sebagai isinya. Empal gentong biasanya dimakan dengan lontong atau bisa juga dengan nasi putih. Empal gentong adalah soto kental berkuah santan dengan kaldu lekoh.

Cara membuat Empal khas cirebon (soto daging):
  1. Haluskan bumbu menggunakan blender/d ulekk
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus beserta bumbu dapur/rempah sampai harum
  3. Beri air secukupnya tunggu sampai didih..lalu masukan santan aduk rata tunggu sampai didih
  4. Masukan daging, sambil beri garam gula dan penyedap..
  5. Tunggu selama 15 menit dgn panci yang tertutup..
  6. Setelah 15 menit matikan kompor selama 5-7 menit masih dgn panci tertutup..lalu nyalakan lg selama 10 menit sambil tes rasa
  7. Soto siap di hidangkan

Taburan genereou kucai dan bumbu cabai kering merupakan ciri khas gentong.karena Empal gentong yang populer di Cirebon adalah Mang Darma (sudah meninggal, di teruskan oleh istrinya ), JL,Slamet Riyadi,krucuk(sebelah. Kota Cirebon, Jawa Barat memiliki kuliner khas yang cukup terkenal yaitu empal gentong. Jika biasanya empal di daerah lain dimasak dengan digoreng, berbeda dengan empal gentong yang dimasak dengan kuah. Kuliner berkuah ini dibuat dari daging dan jeroan sapi yang dimasak. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat empal khas cirebon (soto daging) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved