Resep Empal Sapi Goreng Anti Gagal

Kathryn Freeman   03/07/2020 23:26

Empal Sapi Goreng
Empal Sapi Goreng

Lagi mencari inspirasi resep empal sapi goreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal sapi goreng yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empal sapi goreng, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan empal sapi goreng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Mama punya daging sapi tapi masih bingung hendak diolah menjadi masakan apa? Salah satu menu sederhana yang bisa dibuat dari daging sapi adalah empal goreng yang empuk, Ma..olahan empal daging sapi yang digoreng dan dibumbui dengan rempah dan bumbu-bumbu yang Cara Membuat Empal Goreng: Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah. Cara membuat resep empal / daging sapi goreng yang empuk dan gurih.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan empal sapi goreng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Empal Sapi Goreng menggunakan 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Empal Sapi Goreng:
  1. Ambil 1 Kg Daging Sapi
  2. Gunakan 2 Lembar Daun Salam
  3. Sediakan 1 Ruas Lengkuas (geprek)
  4. Sediakan 3 Cm Jahe (geprek)
  5. Gunakan 2 Batang Serai ukuran sedang (geprek)
  6. Gunakan 8 siung Bawang Merah
  7. Siapkan 5 siung Bawang Putih
  8. Ambil 1 Sdm Ketumbar
  9. Ambil 1 sdt Lada bubuk
  10. Sediakan 3 butir Kemiri
  11. Siapkan 1 buah Santan kental instan (uk. kecil)
  12. Ambil 100 gr Gula Merah
  13. Sediakan Secukupnya Garam
  14. Gunakan Secukupnya Kaldu Jamur
  15. Sediakan Air untuk Merebus Daging
  16. Gunakan Minyak Goreng untuk menumis bumbu dan menggoreng daging

Umumnya empal daging berasal dari daging sapi yang dipotong atau diiris sesuai seratnya. Daging ini kemudian direbus setengah matang, baru kemudian dipukul untuk membentuk tekstur yang empuk. Setelah itu, adonan dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan terakhir goreng bulatan-bulatan kecil tersebut hingga berubah warna menjadi. Empal daging sapi goreng atau daging empal goreng ini adalah masakan resep olahan daging sapi khas Jawa.

Langkah-langkah membuat Empal Sapi Goreng:
  1. Rebus daging (saya pakai panci presto). Setelah sekiranya empuk potong2 beberapa bagian (potong melawan alur seratnya), kemudian pukul2 daging sampai sedikit pipih, jangan sampai hancur yaa (saya pakai ulekan hehehe). Sisihkan air rebusan daging.
  2. Haluskan duo bawang, ketumbar dan kemiri.
  3. Siapkan minyak goreng sedikit untuk menumis bumbu halus.
  4. Tumis bumbu halus, salam, lengkuas, jahe, serai. Setelah wangi masukkan gula merah yg sudah disisir, garam, kaldu jamur. kemudian masukkan sisa air rebusan daging dan santan kental. Lalu masukkan daging sapi, masak sampai agak asat.
  5. Setelah asat, angkat dan tiriskan daging ke dalam wadah.
  6. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng daging. Menggoreng dagingnya tidak perlu lama lama dan dengan api sedang. angkat dan tiriskan. Empal Goreng Sapi siap disajikan.

Empal goreng sambal bawang. foto: Instagram/@ocha_chupid. Resep Empal Daging Sapi. deskripsi. bahan. langkah. Goreng diminyak panas api sedang, sebentar saja. Goreng empal sampai matang, kemudian suwir empal. Yuk, langsung bikin empal daging sapi suwir di rumah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Empal Sapi Goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved