Resep Daging bumbu empal tanpa digoreng yang Lezat Sekali

Elva Malone   25/06/2020 04:54

Daging bumbu empal tanpa digoreng
Daging bumbu empal tanpa digoreng

Lagi mencari ide resep daging bumbu empal tanpa digoreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal daging bumbu empal tanpa digoreng yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Umumnya empal daging berasal dari daging sapi yang dipotong atau diiris sesuai seratnya. Daging ini kemudian direbus setengah matang, baru kemudian dipukul untuk membentuk tekstur yang empuk. Setelah itu daging dimasak kembali dengan bumbu dan juga santan, sebelum kemudian digoreng.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari daging bumbu empal tanpa digoreng, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan daging bumbu empal tanpa digoreng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat daging bumbu empal tanpa digoreng yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Daging bumbu empal tanpa digoreng menggunakan 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Daging bumbu empal tanpa digoreng:
  1. Sediakan 1/2 dagi sapi (saya campur pake sedikit babat)
  2. Ambil (dagingnya rebus agak lama agar empuk)
  3. Ambil 4 lembar daun jeruk
  4. Gunakan Laos 2 cm aja
  5. Gunakan 1 batang serai
  6. Sediakan sedikit Penyedap rasa
  7. Gunakan 1 buah Gula jawa
  8. Gunakan Santan kara (santannya bebas)
  9. Siapkan Bumbu halus :
  10. Siapkan 5 buah bawang putih
  11. Gunakan 6 buah bawang merah
  12. Sediakan Kunyit bubuk
  13. Ambil 4 buah kemiri
  14. Ambil Lada bubuk
  15. Siapkan secukupnya Garam

Goreng empal daging tersebut hingga berwarna kecoklatan. Anda bisa menggorengnya sampai kering atau masih agak basah. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan cara cepat tanpa harus merebusnya berulang kali, Anda bisa menggunakan panci presto untuk membuat tekstur daging sapi. Kali ini ada juga sajian sate daging yang dibuat dan disajikan tanpa menggunakan tusukan sate dan tidak melalui proses dibakar.

Cara menyiapkan Daging bumbu empal tanpa digoreng:
  1. Tumis bumbu halus, masukan daun jeruk, serai, laos. Setelah itu masukan gula jawa yg sudah dipotong kecil kecil
  2. Masukan daging aduk sampai bersama bumbu sampai merata
  3. Tambahkan 3/4 gelas air tunggu sampai mendidih masukan santan, aduk lagi sampai air berkurang (asat)
  4. MANTAP JIWA!

Sehingga bagi anda yang seringkali mengalami kesulitan menyantap sate dengan menggunakan tusukan. Sajian sate kali ini akan cocok untuk anda dan mudah sekali disantap. Uniknya memasak empal daging, ternyata tidak sulit. Bumbu yang dibutuhkan juga cenderung sedikit. Siapkan wajan, lalu didihkan Minyak Goreng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat daging bumbu empal tanpa digoreng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved