Cara Gampang Menyiapkan Bakso Kuah gerobakan, Sempurna

Danny Baldwin   17/12/2020 08:10

Bakso Kuah gerobakan
Bakso Kuah gerobakan

Sedang mencari inspirasi resep bakso kuah gerobakan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakso kuah gerobakan yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Kuah baso daging sapi enak lainnya. Bakso Malik hanya menyediakan bakso polos saja, dengan potongan tahu, dan daging tetelan. Bakso juga dikenal disemua kalangan, mulai dari bakso gerobakan, hingga restoran di mal berkelas semuanya menawarkan menu yang menarik.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakso kuah gerobakan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bakso kuah gerobakan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bakso kuah gerobakan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bakso Kuah gerobakan memakai 12 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Bakso Kuah gerobakan:
  1. Ambil 3 buah tulangan ayam (bisa dibeli dipasar, harga nya 5k/pcs😁)
  2. Ambil 30 butir bakso (aku beli yg siap pakai)
  3. Siapkan Daun bawang 2 batang besar
  4. Ambil 3 buah Kemiri
  5. Sediakan Bawang merah 3 siung (boleh digoreng dulu, boleh tidak)
  6. Sediakan 5 siung Bawang putih
  7. Ambil 1/4 sdt Merica
  8. Ambil Kaldu (aku pake masako karena tidak mengganggu warna kaldu nya)
  9. Siapkan 3 liter air
  10. Ambil 2 sdt Gula
  11. Ambil secukupnya Garam
  12. Sediakan Seledri, bawang goreng, cuka/jeruk, sambal

Kalo takut makan mie ayam gerobakan, mending bikin sendiri deh. Mie nya beli yang udah jadi yaa, di supermarket gitu ada yg bungkusan. Atau nebeng beli sama tukang mie ayam bakso langganan, hehe, kayak saya. Dijamin lebih sehat dan lebih enak. :D.

Langkah-langkah menyiapkan Bakso Kuah gerobakan:
  1. Cuci bersih tulangan ayam.., rebus sebentar untuk menghilangkan gumpalan coklat sisa darah, stlh itu tiris, rebus lagi dengan ukuran air diatas, apinya sedang saja ya moms
  2. Haluskan bumbu2 nya : garam, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun bawang, lada, masako, sampai benar2 halus (bawang merah boleh digoreng dl kalau ingin lebih berkesan bakso jawa)
  3. Siapkan pan untuk menumis.., tumis sampai harum
  4. Bumbu halus sudah siap dimasukkan kedalam rebusan kaldu nya, sebisa mungkin minyak nya tidak terbawa ya mom's.Tambahkan gula. Tunggu sampai bergolak dan wangi.., setelah itu mom's bisa masukkan bakso nya, sila diicip2 rasa kalau mmg perlu ditambah gula /garam/ penyedap sesuai selera mom's spt layaknya kita lagi jajan bakso😁
  5. Selanjutnya belah tahu menjadi bentuk segitiga, goreng sampai kekuningan. Masukkan kedalam rebusan kuah bakso nya, rebus bersama bakso sampai mom's rasa siap untuk disajikan..
  6. Sebagai pelengkapnya tentu ada bawang goreng,irisan seledri, sawi dan sambal rawit goreng,(digoreng dl baru di giling ya moms)… Selebihnya mom's bisa.
  7. Selamat menikmati… 😉 Ps: potretnya bumbunya ngambang semua karna bakso dipotret sedang tidak dalam keadaan panas 😝, kalo panas bening ya mom's

Sajikan bakso ikan dengan kuah bakso selagi masih panas beserta bahan pelengkap lainnya. Modal usaha yang dibutuhkan pelaku bisnis untuk memulai bisnis kuliner ini tidaklah besar. Apalagi peluang bisnis bakso ikan peminatnya cukup banyak, baik dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Rasanya yang enak dan gurih, harganya. Bakso juga dikenal disemua kalangan, mulai dari bakso gerobakan, hingga restoran di mal berkelas semuanya menawarkan menu yang menarik.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bakso kuah gerobakan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved