Cara Gampang Menyiapkan Sayur Lodeh Labu Siam, Menggugah Selera

Lester McDaniel   21/08/2020 10:15

Sayur Lodeh Labu Siam
Sayur Lodeh Labu Siam

Sedang mencari inspirasi resep sayur lodeh labu siam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lodeh labu siam yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lodeh labu siam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur lodeh labu siam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Resep Sayur Lodeh Labu Siam Enak Dan Praktis dapat anda lihat pada video slide berikut ini. Sayur lodeh labu siam. foto: Instagram/@alfamade_origincraft. Sayur lodeh tersebut yaitu sayur lodeh labu siam.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur lodeh labu siam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Lodeh Labu Siam menggunakan 15 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Lodeh Labu Siam:
  1. Gunakan 2 buah labu siam
  2. Siapkan 2 batang wortel
  3. Siapkan 1 papan tempe ukuran kecil
  4. Ambil 10 ekor udang
  5. Siapkan Bumbu-bumbu
  6. Gunakan 5 bawang merah
  7. Siapkan 3 bawang putih
  8. Gunakan 1 potong kecil jahe
  9. Siapkan 1 buah tomat
  10. Gunakan 5-6 buah cabe rawit merah
  11. Sediakan 2 batang sereh
  12. Siapkan Daun salam, daun jeruk
  13. Siapkan 1 kotak kcl santan kara
  14. Sediakan 1200 CC air
  15. Ambil Garam, gula jawa, asam jawa kaldu jamur secukuonya

Selamat menikmati sayur lodeh labu siam yang praktis sekali! Cara membuat sayur lodeh labu : Yang pertama, anda harus cuci bersih sayuran lalu potong sesuai selera. Resep Sayur Lodeh Labu Siam Enak Dan Praktis dapat anda lihat pada video slide berikut ini. Untuk menemukan sayur labu siam di pasaran memang cukup sulit.

Cara menyiapkan Sayur Lodeh Labu Siam:
  1. Kupas wortel potong bentuk korek api. Begitu juga dengan labu siam. Cuci bersih sambil di remes dengan sedikit garam supaya getahnya hilang. Potong tempe bentuk dadu goreng sebentar. Bersihkan udang cuci bersih goreng sebentar saja. Sisihkan. Iris semua bawang merah,bawang putih, tomat, jahe dan sereh. Sisihkan
  2. Larutkan santan Kara dalam 1200 cc air hangat. Masukkan ke dalam panci masak dengan api sedang sambil di aduk. Masukkan wortel, labu, tempe dan udang, masukkkan juga irisan bawang merah, bawang putih, tomat,jahe,sereh, daun salam dan daun jeruk.
  3. Beri sedikit garam, irisan gula jawa 1sdm, dan asam jawa dan kaldu jamur. Tes rasa.
  4. Aduk perlahan, masukkan cabe rawit utuh ke dalam rebusan sayur. Masak hingga wortel dan labu matang.
  5. Sayur lodeh labu siamnya sudah jadi. Enak nih.. Favorite di rumah saat lebaran. 😀😍

Mengingat kuliner satu ini termasuk ke dalam lauk rumahan, di mana hanya para ibu-ibu saja yang mau membuatnya. Terakhir, masukkan labu siam, kacang panjang, terong, daun melinjo, dan cabai hijau. Matikan kompor, dan sayur lodeh siap disajikan dengan nasi hangat. Sayur betawi (sayur godog) atau sayur labu siam ini umumnya menjadi salah satu menu wajib lebaran Idul Fitri. Sayur lodeh dengan isi labu siam juga cocok dinikmati ketika siang hari.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Lodeh Labu Siam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved