Langkah Mudah untuk Membuat Lontong Sayur Medan, Menggugah Selera

Isabelle Dawson   06/07/2020 21:17

Lontong Sayur Medan
Lontong Sayur Medan

Anda sedang mencari ide resep lontong sayur medan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal lontong sayur medan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lontong sayur medan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan lontong sayur medan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Lontong Medan ala Lontong Padang Maknyosss kali Bah. enak lainnya. Lontong sayur khas Medan itu beda banget dari lontong sayur yang lain. Bagi yang udah pernah nyobain pasti tau dong ya yang bikin beda itu di lauk pendampingnya rame.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat lontong sayur medan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Lontong Sayur Medan memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Lontong Sayur Medan:
  1. Ambil 🥗 Bahan Lontong :
  2. Siapkan 1 mug peres Beras
  3. Sediakan Sejumput Garam
  4. Ambil Seperlunya Tusuk Lidi
  5. Gunakan Seperlunya Daun Pisang
  6. Ambil Seperlunya Air Untuk Rebusan
  7. Gunakan 🥗 Pelengkap :
  8. Sediakan Sayur Lodeh
  9. Siapkan Sambal Tauco Kembang Tahu
  10. Ambil Sate Jengkol
  11. Ambil Telur Rebus
  12. Sediakan Kerupuk Emping

The texture is similar to those of ketupat, with the difference being that the ketupat container is made from. Lontong Medan jauh lebih variatif dibandingkan lontong sayur di Pulau Jawa. Lontong jenis ini dilengkapi dengan bihun goreng, kerupuk udang. kerupuk kentang, tauco, ikan teri, sambal tempe, serundeng, bahkan bumbu rendang. Variasi itulah yang membuat lontong Medan jauh lebih sedap dan gurih dibandingkan lontong sayur pada umumnya.

Cara membuat Lontong Sayur Medan:
  1. Cuci bersih beras. Tiriskan. Beri garam. Aduk.
  2. Siapkan daun pisang dgn ukuran cukup lebar. Lapis 2 daun berlawanan. Balik bagian daun. Gulung. Sematkan 1 sisi dgn tusuk lidi.
  3. Isi beras ke dalam gulungan daun. Cukup 1/2 bagian aja. Sematkan lagi sisi lainnya. Lakukan sampai habis. Beri karet/ikatan agar tdk lepas (krn aku bikin ukuran besar). Rebus +/- 3-4 jam. Jika udah selesai matikan api. Biarkan dingin.
  4. Sembari menunggu lontong matang, kita siapkan pelengkap nya. Masak sayur lodeh + sambal tauco + sate jengkol + telur rebus + kerupuk emping.
  5. Setelah itu, siapkan mangkuk. Tata potongan lontong. Siram dgn kuah sayur lodeh. Beri sambal tauco & telur. Jangan lupa sajikan bersama sate jengkol & kerupuk emping. Siap dinikmati 😊😘.

Lontong nasi boleh menggunakan resep lontong plastik, lontong daun pisang, ataupun menggunakan ketupat. Lontong sayur khas Sumatra Utara ini punya keunikan dalam bumbu sayur gurih labu siam. Dengan tambahan udang plus tauco membuat makanan ini bertambah spesial, pada artikel selanjutnya akan kita bahas resep lontong sayur dari daerah lainnya, seperti lontong sayur Jawa, lontong sayur betawi, dll. Medan lebih cocok kalau kita sebut sebagai kota kuliner. Sebutlah dari sambal teri Medan sampai lontong sayur Medan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan lontong sayur medan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved