Resep Trancam Timun Kacang Panjang Anti Gagal

Willie Aguilar   05/09/2020 22:33

Trancam Timun Kacang Panjang
Trancam Timun Kacang Panjang

Anda sedang mencari ide resep trancam timun kacang panjang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal trancam timun kacang panjang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Trancam kacang panjang kacang panjang mentimun toge cabe merah bubuk kencur garam gula bawang putih santan penyedap rasa. Trancam merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari timun, kacang panjang, dan juga toge mentah. Trancam sebenarnya bukan merupakan kuliner utama, melainkan hanya sebagai pelengkap makan saja.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari trancam timun kacang panjang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan trancam timun kacang panjang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah trancam timun kacang panjang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Trancam Timun Kacang Panjang menggunakan 13 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Trancam Timun Kacang Panjang:
  1. Sediakan 1 buah timun
  2. Siapkan 1/2 genggam tauge pendek
  3. Sediakan 3 buah kacang panjang
  4. Gunakan 1/2 genggam daun kemangi
  5. Siapkan ☘️Bumbu Kelapa☘️
  6. Ambil 1/4 buah kelapa muda parut
  7. Ambil 2 siung bawang putih
  8. Siapkan 1 buah cabe merah
  9. Sediakan 1/2 cm kencur
  10. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  11. Sediakan 10 buah cabe rawit (sy pke 4 buah)
  12. Ambil Gula pasir (sy pke 1 sdt gula merah)
  13. Sediakan Kaldu secukupnya (sy skip)

Campuran dari tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan irisan sawi putih diaduk dengan kelapa parut berbumbu bawang putih, cabai, dan kencur. Karena bahan-bahan yang digunakannya harus fresh, jadi citarasa yang dihadirkan dalam sebuah trancam timun ini adalah lezat, gurih, sedikit. Rasanya unik dengan kacang panjang, daun kenikir hingga toge. Makin mantap ditambah daun kemangi dan sambal berbumbu kencur dan terasi.

Langkah-langkah membuat Trancam Timun Kacang Panjang:
  1. Siapkan bahan-bahan dan cuci bersih. Kupas timun, potong-potong kecil. Lakukan yang sama untuk kacang panjang. Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu kemudian tambahkan kelapa muda parut. Aduk rata. Koreksi rasa.
  3. Siapkan dalam wadah. Masukkan timun, tauge pendek, kacang panjang dan daun kemangi. Tambahkan bumbu kelapa dan aduk rata. Siap dan sajikan.

Bagi Endeusiast yang suka lalapan dan sayuran, mungkin sudah nggak asing, nih, dengan Trancam, salah satu menu khas Jawa Tengah. Biasanya isi dari trancam adalah sayur-sayuran beruipa kacang panjang, timun, dan tauge. Aneka sayuran ini disajikan dengan parutan kelapa tua serta bumbu halus yang harum. Taruh potongan timun dan kacang panjang dalam wadah beri sambal dan aduk sampai rata. Langkah - Langkah Cara Membuat Trancam Kencur Pedas : Cuci bersih kacang panjang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Trancam Timun Kacang Panjang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved