Bagaimana Membuat Sambal Roa yang Lezat

Clarence Stone   15/11/2020 21:19

Sambal Roa
Sambal Roa

Anda sedang mencari ide resep sambal roa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal roa yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sambal Roa Manado Bro Arthur adalah makanan ciri khas orang Manado. Terbuat dari bahan dasar ikan roa atau galafea yang di keringkan dengan cara pengasapan. Ikan roa memiliki cita rasa yang khas serta aromanya yang kuat sehingga membuat sambal roa ini menjadi nikmat dan lezat untuk disantap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal roa, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal roa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal roa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Roa memakai 10 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sambal Roa:
  1. Gunakan 5 ekor Ikan Roa asap, goreng sebentar, bs blender kasar/halus
  2. Siapkan 1 ons cabai Keriting
  3. Siapkan 1 ons rica/cabai rawit
  4. Gunakan 2 ruas goraka/jahe
  5. Ambil 5 buah tomat merah
  6. Gunakan 6 siung bawang merah
  7. Gunakan 1 siung bawang putih
  8. Gunakan 2 sdt kaldu bubuk mix gula merah iris
  9. Ambil 2 sdt garam himsalt (sesuai selera)
  10. Siapkan 100 ml minyak goreng

Menjadi suatu pengalaman hidup yang berharga bagi saya bisa meranta. Salah satunya sebagai cocolan untuk pisang goreng khas Manado. Untuk mencobanya di rumah, cara membuatnya tak sulit. Bahan Resep dengan petunjuk video: Sambal roa adalah salah satu sambal khas dari kota Manado, Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Roa:
  1. Panaskan minyak, goreng bawang merah, bawang putih, rica, cabe kriting, tomat smp setengah layu
  2. Blender semua bumbu yg di goreng diatas ☝, panaskan minyam kembalj, masukan semua bahan yg diblender serta ikan roa, garam, kaldu bubuk, gula merah, masak hingga pecah minyak/matang. Angkat masukan ke wadah kedap udara. Siap disantap.

Memiliki rasa yang khas karena selain cabai, bahan utamanya adalah ikan roa asap. Ada beberapa versi dari sambal roa ini, ada yang basah dan adapula yang kering. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya. Cara Membuat Sambal Roa Manado Pedas Nikmat. Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambal Roa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved