Bagaimana Membuat Sambal Ikan Asin Kapas Anti Gagal

Seth Washington   25/06/2020 18:09

Sambal Ikan Asin Kapas
Sambal Ikan Asin Kapas

Sedang mencari ide resep sambal ikan asin kapas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ikan asin kapas yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Harga ikan asin - ikan asin merupakan inovasi yang kerap di lakukan oleh kebanyakan nelayan untuk mengawetkan ikan dengan cara di asinkan. Ikan yang di jual di pasaran ini banyak yang berasal dari jenis ikan laut dari pada ikan tawar, kerena ikan laut lebih banyak di minati oleh banyak konsumen. Sambal ini mengandalkan ikan asin jambal sebagai sumber rasa gurih atau umami.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal ikan asin kapas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sambal ikan asin kapas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal ikan asin kapas yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Ikan Asin Kapas menggunakan 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal Ikan Asin Kapas:
  1. Sediakan 100 gram ikan asin kapas
  2. Sediakan 40 gram cabe merah keriting
  3. Siapkan 10 biji cabe rawit merah
  4. Siapkan 5 siung bawang merah
  5. Siapkan 4 siung bawang putih
  6. Ambil 1 butir kemiri
  7. Siapkan 1/2 buah tomat
  8. Ambil 1 sdt garam halus
  9. Sediakan 2 sdm gula pasir
  10. Ambil 1 sdt terasi bakar
  11. Ambil 1/2 sdt kaldu bubuk jamur
  12. Siapkan Secukupnya minyak goreng

Ikan asin menjadi olahan ikan yang sangat digemari keluarga indonesia, selain harganya yang murah ikan asin juga dapat bertahan lama. Sehingga jika membeli ikan asin tidak takut akan cepat busuk, karena sudah dikeringkan dan melewati berbagai proses yang panjang, sehingga bisa tahan lama. Ikan asin ini bisa menjadi teman makan saat kita makan sayur, seperti sayur asam dan sayur lodeh. hmmm, pasti enak banget kan membayanginya. Banyak sekali jenik ikan asin yang kita kenal, salah satunya adalah ikan asin Pakang.

Langkah-langkah membuat Sambal Ikan Asin Kapas:
  1. Bersihkan dengan air ikan asin kapas. Tiriskan.
  2. Ulek atau blender bahan sambal (bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, tomat, kemiri, terasi dan garam) sampai halus.
  3. Tumis sambal dengan 7 sdm minyak goreng. Tambahkan kaldu bubuk jamur dan gula pasir. Aduk rata sampai meletup-letup. Masukkan ikan asin kapas. Aduk rata sebentar. Matikan kompor.
  4. Sambal Ikan Asin Kapas siap dihidangkan.

Ikan asin ini lebih mirip dengan ikan asin Kapas. Sambal ini mengandalkan ikan asin jambal sebagai sumber rasa gurih atau umami. Masukkan ikan asin goreng, aduk hingga tercampur rata. Kamu bisa menghaluskan ikan asin sebelum dicampurkan ke dalam sambal agar lebih mudah untuk menyantapnya bersama lauk lain. Ikan asin yang digunakan biasanya ikan asin jenis peda, karena dagingnya lumayan banyak ikan asin ini Kamu gak akan bisa menolak kenikmatan balado ikan asin kapas dengan nasi hangat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal ikan asin kapas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved