Resep Sambal Ikan Asin Layur yang Sempurna

Mayme Bowers   17/07/2020 02:47

Sambal Ikan Asin Layur
Sambal Ikan Asin Layur

Anda sedang mencari ide resep sambal ikan asin layur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ikan asin layur yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal ikan asin layur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal ikan asin layur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Gereh layur bisa diolah menjadi lauk yang garing dan crispy dan cocok disajikan bersama sambal rawit hijau. Bagaimana cara memasaknya, silakan disimak video. Goreng ikan layur sambal pedas khas Pangandaran.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal ikan asin layur yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Ikan Asin Layur memakai 11 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambal Ikan Asin Layur:
  1. Siapkan 250 ikan asin layur
  2. Siapkan 🥥 bahan sambal :
  3. Sediakan 12 siung bawang merah
  4. Sediakan 8 siung bawang putih
  5. Sediakan 5 buah cabai keriting
  6. Siapkan 15 buah cabai rawit merah
  7. Gunakan 1/2 sdt garam
  8. Siapkan 1/2 sdt kaldu bubuk
  9. Sediakan 2 sdt gula
  10. Gunakan 4 sdm minyak goreng
  11. Sediakan 100 ml air

Ikan layur merupakan jenis ikan yang memiliki bentuk postur tubuh memanjang dan ramping. Jenis ikan ini umumnya hidup dі perairan dalam уаng memiliki dasar berlumpur. Harga ikan asin - ikan asin merupakan inovasi yang kerap di lakukan oleh kebanyakan nelayan untuk mengawetkan ikan dengan cara di asinkan. Ikan yang di jual di pasaran ini banyak yang berasal dari jenis ikan laut dari pada ikan tawar, kerena ikan laut lebih banyak di minati oleh banyak konsumen.

Cara membuat Sambal Ikan Asin Layur:
  1. Siapkan bahan :
  2. Cuci bersih ikan asin dg air mengalir hingga benar² bersih & airnya bening. Tiriskan, goreng hingga kering. Sisihkan
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air, gula, garam & kaldu. Aduk rata, tes rasa, biarkan hingga air menyusut & bumbu benar² tanak
  4. Setelah air habis, lalu masukkan ikan asin. Aduk rata hingga bumbu tercampur dg ikan. Matikan api, angkat & siap disajikan

Ikan asin memang menjadi makanan tradisional yang dikenal lezat dan murah harganya. Ikan asin banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun di Selama ini kebanyakan orang mengolah ikan asin hanya dengan menggorengnya saja. Tapi jangan salah, ikan asin juga bisa diolah menjadi. Sambal ini mengandalkan ikan asin jambal sebagai sumber rasa gurih atau umami. Resep Sambal Ikan Asin Pedas Kali ini Bu Yuni akan membagikan video resep memasak sambel pedas ikan asin.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal ikan asin layur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved