Langkah Mudah untuk Menyiapkan Tauco (pelengkap lontong sayur Medan), Sempurna

Amelia Ortiz   11/10/2020 17:02

Tauco (pelengkap lontong sayur Medan)
Tauco (pelengkap lontong sayur Medan)

Sedang mencari ide resep tauco (pelengkap lontong sayur medan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tauco (pelengkap lontong sayur medan) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur ini merupakan pelengkap hidangan lontong Medan yg disajikan saat Lebaran di Medan. Disajikan dengan lontong, tauco udang, miehun goreng, dan rendang. Biasanya sayur ini dimasak dalam jumlah besar di hari Lebaran.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tauco (pelengkap lontong sayur medan), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tauco (pelengkap lontong sayur medan) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tauco (pelengkap lontong sayur medan) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Tauco (pelengkap lontong sayur Medan) memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tauco (pelengkap lontong sayur Medan):
  1. Sediakan 20 butir telur puyuh
  2. Sediakan 1 ons kulit tahu
  3. Sediakan 1 balok tempe (kalo ada tahu boleh juga)
  4. Ambil Secukupnya pete
  5. Ambil Bumbu halus
  6. Sediakan 15 buah cabe merah
  7. Gunakan 5 buah cabe rawit (kalo suka pedes boleh lebih)
  8. Siapkan 8 siung bawang merah
  9. Gunakan 4 siung bawang putih
  10. Sediakan Secukupnya tauco (aku pake tauco Medan dibawain Ibu)
  11. Siapkan Bumbu cemplung
  12. Siapkan 1 batang sereh (geprek, ikat)
  13. Ambil 2 lembar daun salam
  14. Siapkan 10 buah cabe ijo diiris tipis
  15. Sediakan Secukupnya air
  16. Sediakan Secukupnya gula
  17. Sediakan Secukupnya garam

Lontong jenis ini dilengkapi dengan bihun goreng, kerupuk udang. kerupuk kentang, tauco, ikan teri, sambal tempe, serundeng, bahkan bumbu rendang. Variasi itulah yang membuat lontong Medan jauh lebih sedap dan gurih dibandingkan lontong sayur pada umumnya. Cara Membuat: Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah halus, lengkuas, sereh, salam, jahe, kecombrang, dan pete sampai layu ke dalam penggorengan. Tambahkan irisan cabe hijau dan cabe merah, tomat, belimbing sayur.

Cara menyiapkan Tauco (pelengkap lontong sayur Medan):
  1. Rebus telur puyuh, kupas. Rendam kulit tahu sampai empuk. Goreng tempe (dipotong kotak2) setengah garing. Angkat.
  2. Tumis bumbu halus, masukkan bumbu cemplung, masukkan cabe ijo, masukkan tauco sampe harum. Kemudian masukkan kulit tahu yg sudah empuk, masukkan telur puyuh, masukkan tempe, dan pete.
  3. Setelah itu, masukkan air. Kalo mau berkuah banyak, airnya bs banyak. Masukkan gula dan garam. Tunggu mendidih. Koreksi rasa.
  4. Dimakan pake nasi anget mantullll

Lontong sayur medan jadi hidangan utama yang tak boleh absen saat Lebaran tiba. Perpaduan lontong nasi yang lembut dan sayur nangka bersantan bikin semangat makan sambil silaturahmi. Sayur ini merupakan pelengkap hidangan lontong Medan yg disajikan saat Lebaran di Medan. Disajikan dengan lontong, tauco udang, miehun goreng, dan rendang. Biasanya sayur ini dimasak dalam jumlah besar di hari Lebaran.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tauco (pelengkap lontong sayur medan) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved