Bagaimana Membuat Sambal ikan asin, Lezat

Jose Hines   17/10/2020 13:12

Sambal ikan asin
Sambal ikan asin

Lagi mencari inspirasi resep sambal ikan asin yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal ikan asin yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sambal ini mengandalkan ikan asin jambal sebagai sumber rasa gurih atau umami. Resep ini menggunakan cabai merah keriting sehingga pedasnya masih sopan. Boleh pakai ikan asin apa saja favorite kalian.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ikan asin, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal ikan asin enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal ikan asin yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal ikan asin memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambal ikan asin:
  1. Sediakan 2 ekor ikan asin peda (boleh diganti yg lain)
  2. Gunakan 10 buah cabe setan
  3. Sediakan 3 siung bawang merah
  4. Sediakan 1 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 ikat kecil kemangi (siangi, cuci bersih)
  6. Siapkan sedikit gula merah
  7. Siapkan sedikit kaldu jamur

Resep Sambal Ikan Asin Pedas Kali ini Bu Yuni akan membagikan video resep memasak sambel pedas ikan asin. Brilio.net - Ikan asin paling enak disantap dengan nasi yang masih hangat ditambah dengan sambal bawang. Ikan asin memang menjadi makanan tradisional yang dikenal lezat dan murah harganya. Termasuk ikan asin paling populer, tidak sulit untik menemukam ikan peda asin di swalayan maupun pasar tradisional.

Langkah-langkah membuat Sambal ikan asin:
  1. Cuci bersih ikan asin. Goreng sampai agak garing. Suwir2
  2. Uleg kasar cabe, bawang merah, bawang putih. Tambahkan gula merah
  3. Tumis bumbu yg sudh diuleg. Setelah tercium bau harum masukkan ikan asin. Aduk rata
  4. Masukkan kemangi, kaldu jamur. Aduk lg sampai kemangi layu, matikan kompor
  5. Tdk udh diksh garam krn ikan asinny sudh asin

Terlebih, harga ikan peda Sementara ikan tenggiri asin lebih pas jika ditumis dan dihidangkan bersama sambal. Ikan asin jambal roti merupakan salah satu jenis ikan asin yang bisa dikatakan sebagai ikan asin elit. Rasa yang luar biasa dari ikan asin jambal roti menjadikan ikan asin ini memiliki harga yang cukup tinggi. Sambel Pedas Ikan Nga Ngenin, Sambel Hijau dipadu dengan Ikan Asin Goreng ! wahh itu pasti Enak bangettt deh ! Sambel ini merupakan sambal yang bikin kamu kebayang terus karena harum nya dari Sambel Hijau dan nikmat nya Ikan asin Goreng.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal ikan asin yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved