Resep Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung yang Lezat Sekali

Leona Tran   19/08/2020 14:24

Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung
Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung

Sedang mencari inspirasi resep ikan kembung sambal matah dan bakwan jagung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan kembung sambal matah dan bakwan jagung yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung afifa gitasari. Goreng ikan kembung hingga matang (jangan terlalu garing). Akhirnya muncul setelah punya akun bbrp bulan lalu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan kembung sambal matah dan bakwan jagung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ikan kembung sambal matah dan bakwan jagung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ikan kembung sambal matah dan bakwan jagung yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung memakai 10 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung:
  1. Ambil 1 Ekor Ikan kembung
  2. Gunakan Sambal matah
  3. Siapkan 6 Siung Bawang Merah
  4. Gunakan 10 Cabe Orange
  5. Ambil 1 Jeruk Nipis
  6. Sediakan Lada
  7. Siapkan Garam
  8. Gunakan Bakwan Jagung
  9. Ambil Tepung Bakwan
  10. Gunakan Jagung

Masih dalam suasana @DiRumahAja #wanitatangguh #semanggisuroboyo #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Sidoarjo #cookpad_id Lumuri kedua sisi ikan dan bagian dalam ikan dengan bumbu perendam. Sambal Matah: Iris tipis/halus bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk purut dan serai. Campur terasi goreng/bakar dengan minyak dan aduk hingga rata. Lihat juga resep Sambal ikan simba enak lainnya!

Cara membuat Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung:
  1. Goreng ikan kembung hingga matang (jangan terlalu garing)
  2. Iris bawang merah dan cabai lalu tiriskan
  3. Panaskan minyak di wajan hingga benar benar panas
  4. Tuang minyak tersebut kedalam irisan bawang dan cabai berikan sejumput lada dan garam (jangan terlalu banyak) beri perasan jeruk nipis
  5. Pipil jagung lalu cuci hingga bersih
  6. Siapkan tepung bakwan jagung yang sudah jadi lalu campur dengan air, aduk hingga rata
  7. Jika adonan tepung sudah rata, masukkan pipilan jagung kedalam adonan tepung, aduk hingga merata
  8. Panaskan minyak diwajan, lalu masukkan adonan bakwan jagung sesuai selera (mau tipis atau tebal) (mau lebar atau kecil). Setelah bakwan jagung berwarna kecoklatan angkat dan tiriskan.
  9. Suwir ikan kembung yang sudah digoreng tadi, tuang sambal matah yang sudah jadi diatas ikan kembung, lalu sajikan selagi hangat 💕
  10. Selamat menikmati 💕

Resep sambel matah seperti sambal bawang yang sangat mudah untuk diolah sendiri di rumah. Dapat pula membuat kreasi resep sambel matah sesuai dengan keinginan dan berbagai macam bahan yang tersedia. Di Bali sendiri, sambel matah disebut dengan "be pasih mesambel matah" , yang mempunyai arti ikan laut yang didampingi dengan sambel mentah. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan tongkol goreng sambal matah yang enak dan sedap. Semoga resep ini bisa ibu praktikan dirumah dengan mudah dan sederhana.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ikan Kembung Sambal Matah dan Bakwan Jagung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved